Kompas.com - 16/10/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi tanaman cabai, daun cabai. SHUTTERSTOCK/PIOTR.MAIlustrasi tanaman cabai, daun cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda menanam cabai di rumah dan melihat tanaman cabai tiba-tiba layu? Padahal Anda sudah bekerja keras merawat dan menjaga agar tanaman cabai tumbuh subur dan sehat.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (16/10/2021), ada beberapa penyebab tanaman cabai tiba-tiba layu. Anda harus memperhatikan bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah layu fusarium atau verticillium.

Berikut penyebab tanaman cabai layu dan cara menanganinya.

Baca juga: Simak, Cara Mengatasi Kutu Putih pada Tanaman Cabai

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/WORRAKET Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

Kenapa tanaman cabai tiba-tiba layu?

Kadang-kadang, tanaman cabai layu karena terpapar di bawah terik matahari. Namun demikian, jika Anda menyiram tanaman cabai secara memadai atau bahkan cukup, penyebabnya kemungkinan layu jamur.

Tanaman cabai layu bisa disebabkan oleh layu fusarium atau verticillium. Akan tetapi, keduanya menyebabkan gejala yang mirip.

Saat Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan tanaman cabai layu, perhatikan lingkungan dengan cermat. Apakah tanaman cabai Anda mendapatkan cukup air?

Apakah ada banyak angin kering dan panas akhir-akhir ini? Anda mungkin hanya perlu meningkatkan penyiraman.

Baca juga: Mengatasi Daun Tanaman Cabai yang Menguning karena Kurang Unsur Hara

Jika tanaman cabai tiba-tiba layu, mengembangkan area kuning besar, dan terkulai terutama jika dimulai di bagian bawah daun dan bergerak ke atas meskipun penyiraman cukup, layu jamur mungkin yang menjadi penyebabnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.