Kompas.com - 16/10/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi ruang tamu. UNSPLASH/SPACEJOYIlustrasi ruang tamu.

JAKARTA, KOMPAS.com- Pencahayaan memainkan peran utama dalam suasana ruangan, dan bahkan dapat memengaruhi suasana hati para penghuninya.

Tapi apa yang dapat dilakukan jika ruanganmu memiliki pencahayaan minim dan tanpa jendela?

Dengan sejumlah tips dan trik dekorasi ini ruangan yang suram, sempit dan minim cahaya akan terlihat lebih cerah dan menyanangkan.

Melansir dari Better Homes & Gardens pada Sabtu (16/10/2021) berikut tips dekor ruangan untuk ruangan suram dan sempit agar terlihat lebih cerah.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Pencahayaan Alami pada Kamar Mandi Tanpa Jendela

Ganti bola lampu

Jika kamu masih menggunakan bola lampu pijar, pertimbangkan untuk menggantinya dengan bola lampu LED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lampu ini bertahan lebih lama dan hemat energi. Banyak bohlam LED juga dapat disesuaikan, sehingga bisa mengatur tingkat kecerahan tergantung waktu dan kebutuhan.

Pilih bola lampu dengan warna kebiruan cerah untuk pagi hari agar pemandangan dan suasana lebih menyegarkan. Kemudian ganti ke cahaya kuning di malam hari agar tidur lebih nyenyak.

Baca juga: 7 Tips Pencahayaan Ruang Keluarga yang Menyeluruh dan Sempurna

Gunakan gorden tipis

Jika saat ini kamu memakai gorden tebal, maka gantilah dengan gorden tipis. Tirai ringan ini memungkinkan lebih banyak cahaya alami mengalir ke dalam ruangan.

Jika privasi menjadi perhatian, lapisan tipis di atas tirai tradisional atau tirai jendela gelap untuk memaksimalkan cahaya di siang hari dan menciptakan ruang yang nyaman di malam hari.

Tirai tipis juga merupakan pilihan tepat untuk ruang makan dan ruang keluarga untuk pantulan cahaya alami yang lebih banyak.

Baca juga: 7 Tips Pencahayaan yang Baik di Rumah Menurut Feng Shui

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.