Kompas.com - 15/10/2021, 18:38 WIB
Ilustrasi layang-layang Unsplash/Bill FairsIlustrasi layang-layang

JAKARTA, KOMPAS.com - Layang-layang merupakan lembaran bahan tipis berkerangka dalam beragam bentuk yang kerap dimainkan di udara oleh masyarakat, terutama anak-anak.

Melihat layang-layang yang berterbangan di udara tentu bukan pemandangan yang asing. Namun, Anda perlu wasapda saat melihat layang-layang berterbangan di atap rumah karena layang-layang bisa menyebabkan genteng rumah bocor.

Dilansir dari pelbagai sumber, Jumat (15/10/2021), dalam artikel ini akan membahas tentang layang-layang yang bisa membuat genteng rumah bocor. 

Baca juga: Kapan Sebaiknya Atap dan Genteng Diganti?

Mengapa layang-layang bisa membuat genteng bocor?

Layang-layang yang jatuh di atap rumah bisa menyebabkan genteng bocor atau retak, terlebih bila layang-layang yang terjatuh berukuran cukup besar dan jatuh dengan keras.

Apabila layang-layang yang jatuh dan tersangkut di genteng ditarik paksa, hal itu dapat menyebabkan genteng bergeser sehingga membuat air hujan masuk dan terjadi kebocoran.

Tak hanya itu, sisa benang dan rangka layang-layang dapat menyumbat saluran dalam air dan menyebabkan bocor. Karena itu, kamu harus waspada dengan layang-layang yang berterbangan di dekat rumah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Jenis Cat Genteng Terbaik yang Antibocor dan Tahan Lama

Apa yang harus dilakukan?

Apabila genteng mengalami kebocoran akibat layang-layang yang terjadi, segera periksa kondisi genteng atau atap rumah. 

Secara berkala lakukanlah pemeriksaan pada genteng apabila daerah rumah sering dijadikan tempat bermain layang-layang.

Selain itu, imbau agar orang-orang untuk berhati-hati dan tidak sembarangan bermain layang-layang di sekitar perumahan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.