Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2021, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memelihara anjing betina dan baru-baru ini ia kawin, Anda harus mengetahui tanda anjing hamil. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah anjing hamil selama beberapa minggu pertama kehamilan, tetapi ada beberapa indikator.

Masa kehamilan anjing biasanya berkisar antara 56 hingga 68 hari. Dilansir dari Love to Know, Selasa (12/10/2021), tanda-tanda kehamilan anjing biasanya dimulai pada trimester kedua, sekitar tiga minggu setelah kehamilan.

Mual dan muntah jarang terjadi pada anjing, tetapi perubahan hormonal dapat menyebabkan mual dan muntah pada beberapa anjing antara hari ke-21 dan hari ke-25. Pada hari ke-21 kehamilan, Anda mungkin juga melihat peningkatan berat badan.

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Penciuman Anjing yang Luar Biasa

Jika Anda mengamati tanda anjing hamil dan ingin mengujinya, tunggu hingga setidaknya 22 hari masa kehamilan agar cukup akurat. Berikut beberapa tanda pertama anjing hamil yang perlu diperhatikan.

Ilustrasi anjing hamil. SHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUK Ilustrasi anjing hamil.

1. Nafsu makan berkurang dan muntah

Kurangnya nafsu makan adalah salah satu tanda awal anjing hamil. Tidak semua anjing betina mengalami muntah dan mual tetapi beberapa anjing makan lebih sedikit selama dua minggu pertama kehamilan dan menebusnya di kemudian hari dalam kehamilan.

Jika anjing mengalami mual, biasanya selama minggu ketiga dan keempat dan akan hilang seiring dengan perkembangan kehamilan.

Jika anjing kehilangan nafsu makannya selama minggu-minggu awal kehamilan atau kadang-kadang muntah, jangan memaksanya untuk makan. Anda dapat menggodanya dengan daging sapi giling rebus dan nasi yang dicampur dengan makanan kering.

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Akan tetapi, cobalah untuk tidak terlalu khawatir jika dia masih tidak menginginkan makanan. Kebanyakan anjing tidak akan melewatkan lebih dari satu atau dua hari tanpa makan sesuatu.

Bila dia menolak makanan tiga hari berturut-turut, maka inilah saatnya untuk menghubungi dokter hewan untuk meminta saran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com