Kompas.com - 08/10/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah masuk musim hujan, nyatanya suhu atau cuaca panas lebih sering dirasakan belakangan ini.

Cuaca panas tentu membuat siapa pun tak nyaman. Tak jarang, ketika cuaca panas, banyak penghuni rumah yang melakukan cara untuk menurunkan suhu atau mendinginkan rumah. Cara paling mudah adalah menyalakan air conditioner (AC). 

Baca juga: AC Inverter atau Non-Inverter yang Lebih Baik untuk Ruangan?

Penggunaan AC pun menjadi lebih sering, bahkan bisa selama seharian. Akibatnya, biaya listrik meningkat drastis dengan cepat, terutama bila tinggal di iklim panas.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini cara menghemat tagihan AC selama cuaca panas dilansir dari American Home Shield, Jumat (8/10/2021).  

Baca juga: Ingin Memasang AC di Rumah? Ini 6 Hal yang Perlu Diperhatikan 

Setel AC secara teratur

Sebelum memasuki musim panas, sebaiknya mulai menyetel AC secara teratur. Penyetelan ini bertujuan agar AC siap berfungsi dengan efisiensi maksimum sehingga Anda tidak perlu membayar banyak tagihan untuk pendinginan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama penyetelan AC, teknisi akan membersihkan koil kondensor, memeriksa level refrigeran unit AC, dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 5 Posisi Pemasangan AC yang Harus Dihindari di Kamar Tidur 

Pasang kaca film

Memperbarui jendela di rumah dapat meningkatkan efisiensi energi dan menjadi cara menghemat tagihan AC selama cuaca panas.

Bahkan memasang jendela badai di jendela lama dapat memotong biaya energi hampir sama dengan jendela baru.

Namun, jika tidak mampu membeli jendela baru, kaca film bisa menjadi pilihan terbaik. Kaca ini dapat memblokir sinar matahari untuk masuk ke rumah, melindungi furnitur dari kerusakan akibat sinar matahari, bahkan meningkatkan privasi. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Memilih PK AC Sesuai Kebutuhan 

Perbaiki penyegelan cuaca 

Kapan terakhir kali Anda memeriksa dempul di sekitar jendela? Kebocoran di sekitar pintu dan jendela rumah dapat membuat udara dingin dari AC keluar, yang akhirnya meningkatkan tagihan AC. 

Halaman:


Sumber Ahs
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.