Kompas.com - 08/10/2021, 07:57 WIB
Pencucian yang salah bisa membuat kain kemeja jadi kusut Unsplash/Fernando LavinPencucian yang salah bisa membuat kain kemeja jadi kusut

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu memiliki kemeja linen yang setelah dicuci menjadi berkerut dan tidak nyaman ketika dikenakan? Hal ini adalah permasalahan yang kerap dihadapi oleh para pemilik kemeja linen.

Selain sulit disetrika, kemeja yang kusut juga akan memberikan kesan yang kurang rapi atau tidak profesional.

Namun, kamu tak perlu khawatir, ada cara khusus agar kemeja linenmu tidak mudah kusut atau berkerut.

Melansir dari The Spurce pada Jumat (8/10/2021) berikut ini penyebab dan cara agar kemeja linenmu tidak mudah kusut atau mengkerut saat dicuci.

Baca juga: Seprai Katun Vs Seprai Linen, Mana yang Lebih Baik?

Penyebab baju linen kusut setelah dicuci

1. Benang 

Jika penyebab kerutan adalah benang dalam jahitan, satu-satunya solusi adalah melepas benang dan menjahit kembali pakaian atau seprai menggunakan kapas mercerized (diperlukan untuk mencegah penyusutan) atau benang poli/kapas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Gunakan suhu air yang lebih rendah

Gunakan suhu air yang lebih rendah saat mencuci pakaian dan selalu ikuti petunjuk label perawatan dari produsen. Jangan mencuci pakaian melebihi kapasitas mesin cuci.

Sebaiknya, beri ruang pada mesin cuci untuk pakaian selama siklus mencuci lalu turunkan kecepatan pengeringan pada putaran akhir untuk mengurangi keausan pada kain.

Baca juga: Tips Mencuci Baju Olahraga Agar Bersih, Awet Wangi

3. Jangan biarkan pakaian terlalu kering

Gunakan pengaturan panas yang lebih rendah ketika mengeringkan pakaian. Jangan biarkan pakaian terlalu kering di dalam mesin cuci. Jemur pakaian setengah basah untuk menghindari kain menyusut atau berkerut.

4. Jangan keringkan pakaian dengan mesin cuci

Jika memungkinkan, jangan keringkan pakaian dengan mesin cuci. Lebih baik, jemur di bawah sinar matahari tidak langsung lalu renggangkan pakaian dengan lembut dan perlahan agar tidak berkerut.

Baca juga: Baju Suami Bau Bawang Goreng, Ini yang Dilakukan Sandra Dewi

Cara menghilangkan kusut pada baju linen

Cara terbaik untuk menghilangkan lipatan pada pakaian dan linen setelah dicuci adalah dengan menyetrikanya. Tapi kerutan dan kusut ini akan kembali muncul setelah dicuci.

Jika kamu tidak punya waktu menyetrika, kamu bisa menggunakan catokan rambut untuk memperbaiki pergelangan tangan, kerah, atau bagian-bagian baju yang berkerut dan sulit dibenahi dengan setrika.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.