Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2021, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memelihara kucing, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan gigi Si Meong. Salah satunya dengan rutin menyikat gigi kucing.

Dilansir dari Daily Paws, Jumat (8/10/2021), kucing dewasa memiliki 30 gigi. Sama seperti manusia, gigi kucing terdiri dari gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan, dan gigi geraham belakang.

Sama seperti gigi manusia, gigi kucing juga perlu disikat secara teratur. Pusat Kesehatan Kucing Cornell University, Amerika Serikat melaporkan bahwa sebagian besar kucing yang berusia lebih dari 4 tahun menderita beberapa jenis penyakit gigi.

Baca juga: 7 Ras Kucing Paling Unik di Dunia, Mana Favorit Kamu?

Kabar baiknya, sebagian besar penyakit gigi kucing yang umum, seperti gingivitis, periodontitis, dan resorpsi gigi, dapat dicegah dengan perawatan gigi secara teratur.

Ilustrasi kucing Khao Manee. SHUTTERSTOCK/LIZMYOSOTIS Ilustrasi kucing Khao Manee.

Tarina L Anthony, praktisi pengobatan kucing, dan pemilik serta direktur medis Aurora Cat Hospital and Hotel di Aurora, Colorado, AS menyatakan, perawatan gigi rutin sangat penting untuk aspek lain dari kesehatan kucing Anda.

“Plak membantu pembentukan karang gigi, bahan keras yang bisa dikikis oleh dokter gigi,” kata Anthony.

“Kartar pada dasarnya adalah mineral dan bakteri. Jika terlalu lama menempel pada gigi, tidak hanya dapat menyebabkan gingivitis, periodontitis, dan kehilangan gigi, tetapi juga masalah sistemik seperti penyakit jantung, ginjal, atau hati karena bakteri tersebut memasuki aliran darah dan mendarat di organ tersebut," imbuh dia.

Baca juga: Mengapa Kucing Menempelkan Hidung Satu Sama Lain Ketika Bertemu?

Idealnya, kata Anthony, Anda harus memeriksa dan menyikat gigi kucing setiap hari. Konsistensi itu penting karena Anda dapat segera menemukan masalah.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com