Kompas.com - 06/10/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi mesin cuci dan ruang mencuci Unsplash/PlanetCareIlustrasi mesin cuci dan ruang mencuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengeringkan pakaian atau cucian menggunakan mesin pengering dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

Anda tidak perlu menunggu cuaca, baik panas maupun hujan reda, untuk mengeringkan pakaian. Sebab, mesin pengering bisa melakukan hal tersebut dalam kondisi cuaca apa pun.  

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian ke Pengering?

Akan tetapi, menurut beberapa ahli, ada kesalahan yang sering dilakukan orang saat menggunakan mesin pengering. 

Susan Toft, CEO dan pendiri bisnis laundri domestik nasional, mengatakan kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat menggunakan mesin pengering adalah memasukkan barang-barang yang tidak boleh ke mesin pengering sehingga membuat mesin rusak. 

Baca juga: Plus Minus Mengeringkan Pakaian dengan Mesin Pengering dan di Udara

"Misalnya, pakaian berbahan wol. Ketika jenis bahan ini dimasukkan ke pengering, pakaian akan menyusut," ujarnya dilansir dari Abc.net.au, Rabu (6/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencegah hal yang tidak diingikan, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan mesin pengeringan. 

Baca juga: Simak, Manfaat Memasukkan Bola Tenis ke Pengering Mesin Cuci 

Memasukkan semua jenis pakaian bersamaan

Jika memasukkan beberapa kain yang sangat ringan dengan handuk mandi tebal atau celana jeans, Anda akan menemukan bahan yang lebih ringan akan lebih cepat kering daripada bahan lainnya.

Dengan menjalankan pengering cukup lama untuk mengeringkan semua pakaian, hal itu akan berpotensi merusak pakaian dengan material yang lebih tipis. Pengeringan yang berlebihan dapat menyebabkan pakaian menyusut. 

Toft menyarankan meletakkan sejumlah pakaian yang berbeda dan lebih kecil seperti mengeringkan handuk dan seprai secara bersamaan. 

Baca juga: 8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar 

Membebani mesin

Ketika memasukkan cucian dengan jumlah banyak, hal ini akan menyebabkan mesin kesulitan mengeringkan pakaian sehingga ada sebagian pakaian yang tidak kering.

Halaman:


Sumber ABC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.