Kompas.com - 03/10/2021, 13:11 WIB
Ilustrasi microwave SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi microwave

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave merupakan peralatan elektronik yang memudahkan untuk memanaskan makanan dalam waktu singkat dan mudah.

Namun, hampir semua peralatan memasak atau memanaskan makanan dapat menimbulkan asap atau terbakar. 

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Microwave

Dilansir dari New York Times, Sabtu (3/9/2021), sebenarnya microwave adalah salah satu peralatan memasak teraman. Akan tetapi, bila microwave mulai terbakar, biasanya karena alasan yang sama dengan oven listrik lainnya.

“Ini hanya karena makanan terlalu panas,” kata Bob Schiffmann, veteran 50 tahun di industri gelombang mikro dan Presiden International Microwave Power Institute.  

Penyebab microwave terbakar hampir selalu terjadi karena seseorang melebih-lebihkan atau salah memasukkan waktu memasak. 

Baca juga: 6 Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap Saat Digunakan

Selain itu, memanaskan makanan yang beku juga bisa menjadi penyebab microwave terbakar. Untuk itu, dinginkan makanan sesuai dengan suhu ruang sebelum dimasukkan ke microwave.

Selanjutnya, penyebab microwave terbakar adalah makanan kang tersangkut di dekat pemancar gelombang di sisi mesin seperti popcorn yang terjepit di dinding oven kecil saat biji jagung mengembang.

Schiffmann mengatakan kebakaran akibat makananini menciptakan banyak asap, tetapi cenderung tidak terlalu berbahaya karena komponennya tidak dapat benar-benar terbakar.

Jika melihat asap atau api di rongga oven, matikan atau cabut steker microwave, tetapi biarkan pintunya tertutup. Microwave bersertifikat UL (hampir semuanya) dirancang untuk menahan api kecil yang berasal dari makanan biasa (seperti popcorn atau kentang). 

Baca juga: Seberapa Sering Oven Microwave Harus Dibersihkan? 

Selain itu, Schiffmann mengatakan ada tiga faktor yang dapat memicu kebakaran gelombang mikro. Pertama, catu daya. Hal ini dapat mengalami korsleting dan membakar komponen di dalam rumah (ini berisiko pada peralatan listrik apa pun).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.