Kompas.com - 01/10/2021, 10:15 WIB
Ikan cupang betina bukanlah petarung seperti jantan, tetapi bisa menjadi agresif terhadap satu sama lain dan terhadap ikan lain. Untuk itu, penting untuk mengatur jumlahnya dalam satu wadah. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIkan cupang betina bukanlah petarung seperti jantan, tetapi bisa menjadi agresif terhadap satu sama lain dan terhadap ikan lain. Untuk itu, penting untuk mengatur jumlahnya dalam satu wadah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang merupakan ikan yang sering diletakkan di akuarium sendirian, terutama ikan cupang jantan karena sifatnya yang agresif dan teritorial. Ketika ia diletakkan dengan ikan cupang lainnya, mereka akan bertengkar dan menyebabkan salah satu atau keduanya terluka.

Namun, apakah ikan cupang yang diletakkan sendirian di akuarium akan merasa kesepian? Melansir dari Love to Know, Jumat (1/10/2021), meskipun ikan cupang diletakkan di akuarium sendirian, mereka masih tetap bahagia.

Berikut cara mengetahui apakah ikan cupang bahagia di dalam akuarium sendiri.

Baca juga: Apakah Ikan Cupang Mengenali dan Bisa Berinteraksi dengan Pemiliknya?

1. Sarang gelembung ikan cupang

Salah satu tanda yang paling jelas dari ikan cupang yang bahagia adalah ketika mereka membangun "sarang gelembung".

Ikan cupang jantan membuat sarang gelembung ketika mereka siap untuk kawin, dan seekor ikan hanya akan mengekspresikan perilaku naluriah ini jika mereka merasa aman dan nyaman.

Jika Anda tidak melihat sarang gelembung di akuarium Anda, ini tidak berarti Anda memiliki cupang yang tidak bahagia.

Setiap ikan cupang jantan akan membuat sarang gelembung dengan frekuensi masing-masing, yang bisa sebanyak setiap hari atau setiap enam bulan. Beberapa ikan cupang betina juga dapat membuat sarang gelembung, meskipun umumnya itu adalah perilaku jantan.

Baca juga: Ini Penyebab Ikan Cupang Berenang Tidak Menentu Arah

2. Perilaku makan

Ikan cupang adalah ikan yang cerdas dan sebenarnya dapat dilatih untuk melakukan trik seperti berenang melalui lingkaran. Salah satu tanda kecerdasan mereka adalah mengenali kapan waktunya makan.

Ikan cupang yang bahagia dan beradaptasi dengan baik akan mulai berenang ketika Anda datang ke akuarium untuk memberinya makan, terutama jika Anda memberi makan di tempat yang sama.

Mereka juga akan dengan bersemangat bergerak ke arah makanan dan makan saat Anda menambahkannya ke akuarium.

3. Aktivitas normal

Ikan cupang yang bahagia di lingkungannya akan berinteraksi dengan lingkungannya secara teratur. Ini berarti berenang di sekitar ornamen yang Anda miliki di akuarium dan tanaman.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.