Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2021, 09:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tomat di rumah berarti juga harus memperhatikan kemungkinan serangan hama. Salah satu hama yang kerap menyerang tanaman tomat adalah kutu putih.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (29/9/2021), kutu putih dapat membuat tanaman tomat mati jika tidak segera diidentifikasi dan diobati. Kutu putih memakan bagian bawah daun tomat, menyedot cairan, dan melemahkan tanaman.

Daun yang terkena mulai menguning dan mati, tepi daun biasanya melengkung ke dalam saat kerusakan berlanjut. Pemberian pupuk yang ekstensif dapat membuat tanaman tomat rentan terhadap jamur jelaga dan virus yang disebarkan oleh hama.

Baca juga: Simak, Cara Mengatasi Kutu Putih pada Tanaman Cabai

Ilustrasi kutu putih di tanaman.SHUTTERSTOCK/VIKTORIALVANETS Ilustrasi kutu putih di tanaman.

Upaya membasmi kutu putih pada tomat yang cepat mencegah kerusakan parah, sehingga tomat dapat tumbuh dan matang secara normal.

Periksa bagian bawah daun tomat apakah ada kutu putih atau nimfanya, yang menyerupai kacang polong putih berukuran sangat kecil.

Siangi lahan penanaman tomat dan daerah sekitarnya setiap minggu sehingga bahan tanaman yang mati tidak terkumpul.

Semprotkan tanaman tomat yang terinfestasi kutu putih dengan sabun insektisida. Konsentrasikan semprotan di bagian bawah daun tempat kutu putih berkumpul dan berkembang biak.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Hama Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Ulangi aplikasi setiap tiga hari sampai tidak ada lagi kutu putih. Semprotkan di malam hari untuk meminimalkan kontak dengan serangga yang bermanfaat bagi tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com