Kompas.com - 27/09/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi tanaman hias rubber plant. SHUTTERSTOCK/F2.8Ilustrasi tanaman hias rubber plant.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias yang memiliki daun yang banyak dan lebar sering kali memiliki daya tarik untuk dirawat di dalam ruangan.

Selain membuat ruangan lebih cantik, tanaman hias ini memiliki perawatan yang mudah dan rendah.  

Baca juga: 5 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Melansir dari Home Guides SFgate, Senin (27/92/2021), tanaman hias sepert ficus elastica dan ara karet banyak digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan. 

Memiliki bentuk daun yang cantik membuat tanaman ini menarik untuk dijadikan elemen dekorasi pada ruangan. Namun, tanaman ini harus dirawat pada bagian daunnya agar tetap indah dan berkilau.

Untuk menjaga tanaman berdaun banyak dan lebar tetap terlihat bagus, Anda perlu menjaga daunnya agar bebas dari debu dan jamur. Nah, berikut ini tips merawatnya. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Indoor saat Musim Hujan 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Basahi kain 

Untuk membersihkan dan menjadikan daun tanaman lebih berkilau, Anda perlu membasahinya. Basahi kain lembut atau spons dengan larutan cuka, lalu oleskan perlahan pada daun tanaman.

Biarkan selama lima hingga 10 menit untuk mengering daun. Cuka dapat dengan mudah memecah deposit mineral. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Indoor saat Musim Hujan 

Bilas dengan air bersih 

Setelah itu, basahi kain bersih atau spons dengan air suling atau air hujan dan bersihkan larutan cuka yang ada pada tanaman.  

Perawatan bulanan 

Untuk merawat daun tanaman agar berkilau sepanjang waktu, Anda harus melakukan perawatan rutin setiap sebulan sekali. 

Caranya, tambahkan sekitar satu sendok teh cuka ke dalam 3,5 liter air, lalu sirami tanaman hias dengan larutan tersebut untuk membantu menghilangkan garam dan mineral pada tanah. Cuka berkhasiat membasmi serangga, terutama nyamuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.