Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Bahan Bangunan yang Tepat Jadi Kunci Mewujudkan Rumah Impian

Kompas.com - 27/09/2021, 16:08 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah bisa dikatakan menjadi impian semua orang. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, rumah merupakan aset investasi yang sangat aman karena harganya tidak pernah turun. 

Tak heran, sektor properti menjadi salah satu sektor yang masih bisa bertumbuh positif di tengah pandemi virus Covid-19

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Rumah Baru

Keinginan memiliki rumah bisa diwujudkan dengan dua cara, yakni membeli rumah jadi dan membangun rumah sendiri.

Membangun rumah sendiri cukup banyak dipilih orang saat ini. Namun, sebelum memasuki tahap desain rumah, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan.

Saat ini, perilaku masyarakat dalam memilih bahan baku bangunan semakin berkembang. Kompleksitas tersebut berujung pada kebutuhan bahan baku bangunan yang berkualitas. 

Baca juga: 5 Hal yang Sering Dilupakan Orang Saat Membeli Rumah

Pasalnya, memilih bahan bangunan yang salah tentu akan membuat konstruksi bangunan cepat rusak dan bisa berujung pada kecelakaan fatal.

Karena itu, dibutuhkan bahan baku yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat luas dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Sales and Marketing Director SCG CBM Indonesia, Thichet Srisuriyon, mengatakan masyarakat saat ini mengharapkan rumah impian yang kokoh untuk jangka waktu panjang dan tangguh dalam segala cuaca. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memeriksa Listrik Sebelum Membeli Rumah

“Dalam membangun dinding, misalnya, sekarang konsumen banyak memilih bata ringan dan beton ringan," jelas Thichet dalam keterangan rilis SCG, baru-baru ini.

Thichet mengatakan bata dan beton ringan memiliki karakteristik kokoh dan durabilitasnya tidak kalah dengan material klasik seperti bata merah atau batoko. Kedua material ini juga ramah lingkungan serta mendukung proses pembangunan dengan cepat.

Tingginya ekspektasi terhadap bahan bangunan yang sedang tren saat ini cukup beralasan.

Menurut Thichet, masyarakat akan semakin mencari bahan bangunan berkualitas karena bisa mengurangi beban pada masa depan seperti kerusakan dini akibat rembesan air atau kolom beton yang keropos. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Rumah Pertama

Kerugian dari kerusakan dini bangunan akibat pemilihan bahan bangunan yang serampangan akan jauh lebih besar ketimbang investasi pengadaan bahan baku yang berkualitas.

“Itulah tantangan yang menjadi dorongan untuk kami menyediakan bahan bangunan yang berkualitas bagi masyarakat. Nilai itulah yang sangat kami jaga di SCG,” kata Thichet.

Untuk menjawab tantangan tersebut, SCG mengembangkan produk bahan bangunan inovatif, yakni mortar dan beton instan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com