Kompas.com - 27/09/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi tanaman indoor yang tak butuh banyak cahaya matahari Unsplash/Spacejoy MwedhuIlustrasi tanaman indoor yang tak butuh banyak cahaya matahari

Jakarta, KOMPAS.com—Memasuki musim hujan membuat kamu harus memberikan perawatan ekstra bagi tanaman indoor atau tanaman dalam ruangan milikmu.

Sebagai pemilik, kamu sebaiknya tahu cara merawat tanaman dalam ruangan dengan baik. Pasalnya, suhu dan kelembapan yang rendah pada musim hujan akan meningkatkan potensi pertumbuhan akar tanaman.

Tanaman dalam ruangan dapat menyerap kelembapan di udara dan menghilangkan kelebihan sinar matahari yang mereka miliki di musim panas.

Perawatan ekstra yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kembali aturan penyiraman dan pemupukan tanaman.

Berikut adalah tips untuk merawat tanaman indoor saat musim hujan seperti dilansir dari Pinkvilla, Senin (27/9/2021).

Baca juga: 7 Tanaman Indoor yang Memiliki Manfaat Kesehatan

  1. Sebelum menyiramnya pastikan untuk memeriksa potnya. Selama masa musim hujan, biasanya tanaman hanya membutuhkan sedikit air. Terlalu banyak air justru akan merusak akar dan membuatnya busuk.
  2. Jangan pernah menyirami tanaman setelah jam 3 sore. Sisa air dalam tanah tak bisa menguap karena sudah tak ada sinar matahari dan juga angin yang membantunya.
  3. Pastikan sistem drainase pot sudah benar karena tidak boleh ada air yang tergenang.
  4. Tanaman rentan terhadap cacing tertentu selama musim hujan. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tanaman secara teratur untuk mengetahui adanya infeksi. Namun, cacing tanah baik untuk mereka karena mereka menggali lubang di tanah yang membantu nitrasi.
  5. Tingkat kelembaban tinggi selama musim hujan, jadi pastikan tanaman mendapatkan ventilasi dan cahaya yang baik.
  6. Jika kamu perlu menambahkan pupuk ke tanaman, lakukan antara jam 7 dan 11 pagi.
  7. Oleskan pestisida dan fungisida sekali dalam seminggu untuk menghindari hama dan penyakit pada tanaman dalam ruangan. Karena mereka cenderung mudah terserang hama selama musim hujan.
  8. Kamu dapat menggunakan lembaran berlubang sebagai pengganti lembaran plastik untuk menutupi tanaman jika berada di teras atau beranda. Ini akan membantu mengurangi air agar tak semuanya terserap ke dalam tanah dan membuat akar busuk.
  9. Jangan memangkas tanaman saat musim hujan, lakukanlah sebelum musim basah tiba.
  10. Jangan lupa untuk menyimpan anakan di tempat yang tepat agar terhindar dari air hujan langsung. 

Baca juga: 3 Penyebab Utama Ujung Daun Tanaman Indoor Menjadi Cokelat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Pinkvilla
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.