Kompas.com - 26/09/2021, 19:38 WIB
Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. UNSPLASH/CESAR FERNANDESIlustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat yang terbelah atau retak merupakan salah satu permasalahan yang kerap dialami ketika menanam tomat. Bahkan, permasalahan ini juga dialami mereka yang sudah ahli berkebun.  

Hal ini tak jarang membuat para pekebun sedih dan kesal. Ada beberapa hal yang menyebabkan tomat terbelah.  

Baca juga: Simak, 6 Kesalahan dalam Menanam Tomat di Pot

Dilansir dari laman Taste of Home,Minggu (26/9/2021), penyebab tomat terbelah tak lain karena kekurangan air. Tanaman tomat yang tidak disiram secara konsisten dapat menyebabkannya mengering, yang akhirnya membuat tomat terbelah.

Permasalahan ini sangat umum dialami tomat pusaka tipe bistik bistik yang besar. Saat tanaman tomat disiram, buah tomat merespons dengan menyerap air sebanyak mungkin.

Namun, kulit tomat tidak dapat mengikuti jumlah pertumbuhan dan terbelah di bawah tekanan dari dalam. Ini sering terjadi pada buah yang hampir matang. 

Baca juga: Mengapa Ada Retak pada Buah Tomat yang Ditanam? Penyebab dan Solusinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dua jenis retakan yang terbentuk dari kenaikan air secara tiba-tiba, yakni radial dan konsentris. Retakan radial muncul di bagian atas tomat dekat ujung batang dan retakan konsentris membentuk serangkaian cincin di bagian atas buah.

Retakan konsentris cenderung kurang menonjol daripada retakan radial dan cenderung menghilang, meninggalkan retakan cincin cokelat tipis.   

Baca juga: 5 Tips Mencegah Tanaman Tomat Terbelah

Bisakah tomat terbelah dikonsumsi?

Bila melihat tomat terbelah ketikan tumbuh, segera petik tomat walau tomat belum matang sekalipun. Hal ini bertujuan agar retakan tidak semakin parah.

Namun, tomat yang terbelah tidak perlu dibuang. Tomat terbelah boleh dan aman dikonsumsi meski mungkin rasanya tidak terlalu manis.

Namun, jangn lupa membilas dan menyingkirkan bagian yang terbelah. Namun, jika tomat terbelah mengalami busuk, segera buang. 

Baca juga: Penyebab Tanaman Tomat Layu Setelah Hujan Lebat dan Cara Mengatasinya

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.