Kompas.com - 23/09/2021, 21:27 WIB
Ilustrasi ruang keluarga atau mendekorasi ruangan Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi ruang keluarga atau mendekorasi ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membuat sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam rumah

“Peristiwa 2020 dan seterusnya telah membuat orang lebih sadar akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan di rumah,” kata Laurence Carr, desainer interior yang berbasis di Kota New York, Amerika Serikat.

Baca juga: 7 Alat Pembersih yang Wajib Dimiliki di Rumah 

Namun, terus-menerus berada di dalam rumah bukan sesuatu yang baik. Karena itu, penting menjaga kebersihan rumah agar berdampak baik bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Dilansir dari lama Elle Decor, Kamis (23/9/2021), berikut ini empat cara membuat rumah lebih sehat

Bersihkan udara

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, udara di dalam ruangan dua sampai lima kali lebih tercemar daripada udara di luar ruangan.

Hal ini disebabkan debu, bulu, dan kontaminan di udara yang terjebak di dalam ruangan. Udara ini dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan, dari asma, alergi, sakit kepala, dan kurang tidur. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Manfaat Pemutih untuk Membersihkan Area dan Benda di Rumah

Tindakan sederhana sangat membantu membersihkan udara kotor tersebut. Misalnya, rutin menyedot debu setiap seminggu sekali atau meminimalkan debu dan partikulat lainnya.

Pilih penyedot debu yang dilengkapi dengan filter HEPA (filter penyerap partikulat efisiensi tinggi). 

Selain itu, bila rumah menggunakan pemanas dan pendingin sentral, ganti filter setiap beberapa bulan.

Hindari juga menggunakan produk pembersih rumah tangga yang mengandung senyawa organik volatil atau VOC yang mudah menguap. Sebab, beberapa di antaranya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Akan Pindah Rumah

Halaman:


Sumber Elle Decor
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.