Kompas.com - 23/09/2021, 19:37 WIB
Ilustrasi ruang keluarga atau rumah kedap suara Unsplash/Collov Home DesignIlustrasi ruang keluarga atau rumah kedap suara

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pandemi yang telah berlangsung selama satu tahun lebih kini membuat banyak perubahan dalam kehidupan semua orang di seluruh dunia.

Masyarakat tetap diajurkan untuk tetap berkegiatan di rumah demi memutus rantai penularan virus Covid-19, dari kegiatan belajar, bekerja, hingga beribadah di rumah.

Baca juga: Kohler Membuka Ajang Kohler Bold Design Award 2021

Tak heran, kini keadaan lingkungan rumah pun semakin berubah menjadi lebih fungsional.

Hal ini juga diungkapkan Chris Godfrey, Global Principal, HBA Residential dalam konferensi pers virtual pembukaan "Kohler Bold Design Awards (KBDA)", Kamis (23/9/2021).

"Kini banyak orang yang menghabiskan banyak waktu di rumah dan rumah memiliki fungsi yang berbeda, yakni harus lebih fleksibel. Ketika semua orang bekerja di rumah, rumah harus bisa menyediakan tempat bekerja sekaligus ruang tamu, ruang makan, dan lain-lain," tuturnya.  

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Akan Pindah Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Andre Fu, Founder Andre Fu Studio, menambahkan, perubahan ini juga terjadi pada industri hospitality atau perhotelan.

"Kini, banyak orang yang menggunakan hotel sebagai staycation untuk menghabiskan waktunya selama pandemi. Untuk itu, harus diberikan kenyamanan dan keamanan di dalamnya," kata Andre.  

Baca juga: 6 Tips Feng Shui untuk Mendatangkan Kekayaan ke Rumah

Fleksibelitas rumah 

Dengan keadaan yang berubah itu, Andre Fu melihat pergeseran desain interior, yakni kini banyak orang yang tidak memerlukan ruang mewah.

Akan tetapi, kembali lagi ke fleksibilitas ruang tersebut. Apakah bisa dijadikan tempat bekerja di samping tempat tinggal karena banyak orang yang kini bekerja dari rumah atau work from home (WFH).  

Baca juga: Tips Mencegah Korsleting Listrik di Rumah

Chris menambahkan, selain sisi fleksibelitas, rumah kini harus bisa memberi  penghuninyarasa aman dan nyaman bagi penghuninya.

Tak hanya itu, lingkungan perumahan juga harus menunjang rasa aman dan nyaman tersebut seperti kebersihan lingkungan.

Baca juga: 7 Pohon Peneduh untuk Pekarangan Rumah yang Sejuk 

Apalagi, pada masa pandemi ini, lingkungan rumah yang bersih merupakan faktor utama yang harus ada di dalamnya. Faktor lainnya, paparan sinar matahari yang memadai serta adanya tanaman hijau.

Brian Lum, Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation, mengatakan, hotel maupun lingkungan perumahan saat ini harus memiliki lingkungan hijau dan banyak ruang terbuka. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.