Kompas.com - 22/09/2021, 21:55 WIB
Ilustrasi tanaman indor besar dalam ruangan Unsplash/SpacejoyIlustrasi tanaman indor besar dalam ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam ruangan tidak hanya menghadirkan nuansa alam, tetapi juga dapat menjadi elemen dekorasi. 

Melansir dari Gardening Know How, Rabu (22/9/2021), salah satu ruangan di rumah yang dapat diletakkan tanaman adalah ruang tamu

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Meningkatkan Kualitas Udara

Ruang tamu bisa dibilang ruang utama di rumah dan sering kali menjadi ruangan pertama yang dilihat para tamu. 

Meletakkan tanaman di ruang tamu dan ruangan lainnya di rumah dapat membantu mengurangi racun dan membersihkan udara. Selain itu, membantu menghilangkan stres dan memberi ketenangan. 

Namun, meletakkan tanaman di ruang tamu tak boleh sembarangan dan hanya beberapa tanaman tertentu yang boleh diletakkan. Nah, berikut ini trik meletakkan tanaman di ruang tamu.  

Baca juga: 5 Desain Ruang Tamu Outdoor yang Cantik dan Multifungsi  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memilih tanaman hias untuk ruang tamu

Salah satu kebutuhan yang sering terabaikan dalam merawat tanaman di dalam ruangan adalah cahaya. Untungnya, ada banyak tanaman indoor yang tumbuh subur dalam cahaya sedang hingga rendah.

Di ruangan yang mendapat paparan sinar matahari dari timur atau utara, cahaya paling terang pada hari itu akan berlangsung singkat dan mungkin tidak akan menembus terlalu jauh ke dalam rumah. 

Baca juga: Beri Aura Positif, Ini 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Meja Kerja

Ada beberapa tanaman yang dapat menjadi pilihan seperti pakis asparagus yang sangat membutuhkan cahaya redup dan sulit tumbuh dalam cahaya terang. Tanaman ini dapat diletakkan dalam pot gantung atau di atas rak tinggi.

Ada pula tanaman lidah mertua atau snake plant yang sangat mudah dirawat. Meletakkan tanaman lidah mertua di ruang tamu akan memberikan ketajaman arsitektur pada ruangan dalam situasi cahaya sedang.

Selanjutnya, ada pakis staghorn yang dapat tumbuh di dinding. Dengan memanfaatkan dinding vertikal, tanaman pakis ini akan menambahkan detail cantik di dalam ruang tamu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.