Kompas.com - 21/09/2021, 19:08 WIB
Ilustrasi bantal. FREEPIK/MRSIRAPHOLIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadi benda yang dipakai setiap hari ketika tidur, bantal juga turut menunjang kualitas tidur.

Untuk itu, kondisi bantal harus diperhatikan, baik bentuk maupun kebersihannya. Apakah bantal masih bisa menopang kepala dan leher Anda dengan baik ketika tidur atau kondisinya sudah buruk dan perlu diganti? 

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Bernoda Kuning dengan Mesin Cuci

Melansir dari Family Handyman, Selasa (21/9/2021), beberapa orang mengatakan bahwa bantal harus diganti sesering mungkin untuk mendapatkan dukungan yang maksimal saat tidur. 

Namun, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menjaga bentuk bantal tetap bagus dan empuk seperti berikut ini. 

Baca juga: 8 Kesalahan Mencuci Bantal dan Guling yang Harus Dihindari

Tepuk bantal setiap hari

Sedikit perawatan akan sangat membantu bantal menjadi lebih empuk. Anda dapat  menepuk bantal setiap pagi untuk mencegahnya berubah bentuk atau menggumpal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dorong sisi ujung bantal 

Selanjutnya, trik menjaga bentuk bantal tetap bagus dan empuk adalah mendorong sisi bantal dari ujung yang berlawanan dan lakukan di bagian atas dan bawah, dorong isian atau turun kembali ke tengah bantal.  

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Bantal

Masukkan ke mesin pengering 

Jika bertanya-tanya seberapa sering harus mengganti bantal, Anda harus memasukkan bantal ke mesin pengering setidaknya sebulan sekali agar isi bantal tidak menggumpal.

Ini sedikit rahasia untuk menjaga bentuk bantal dan mendapatkan kualitas bantal seperti yang ada di hotel. 

Baca juga: Cara Mengeringkan Bantal Memory Foam yang Basah 

Keringkan dengan udara 

Mengeringkan bantal di udara adalah salah satu trik menjaga bentuk bantal tetap bagus dan empuk.

Ketika mengeringkan bantal di udara, pastikan mengembangnya beberapa kali dan membaliknya setelah meletakkannya di atas tali jemuran.  

Baca juga: Cara Membuat Bantal Kempis Kembali Padat agar Tidur Nyenyak

Ganti isi bantal 

Mengganti isi bantal adalah salah satu trik menjaga bentuk bantal tetap bagus dan empuk yang bisa dilakukan.

Jika merasa isi bantal sudah tidak mendukung lagi, Anda dapat melepas jahitan di satu sisi bantal, melepas beberapa isian bantal, dan menambahkan kembali isi bantal. Setelah selesai menambah isi bantal, ganti dan jahit bantal kembali. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.