Kompas.com - 21/09/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi ruang tamu UNSPLASH/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja tamu merupakan salah satu furnitur penting untuk melengkapi kehadiran sofa atau tempat duduk di ruang tamu.

Saat menjamu tamu, meja tamu berperan sebagai media untuk meletakkan beragam keperluan untuk menyambut tamu seperti minuman, makanan, dan tisu.  

 

Jika berencana membeli meja tamu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapat meja yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (21/9/2021), berikut ini tips membeli meja tamu

Baca juga: Cara Mudah Menata Meja Tamu di Rumah

Pilih ukuran yang sesuai

Saat hendak membeli meja tamu, sesuaikan ukuran meja dengan luas ruangan dan ukuran sofa. Kedua aspek itu harus seimbang sehingga tampilan meja tamu terlihat saling melengkapi.

Selain itu, hindari memilih meja tamu yang terlalu kecil untuk sofa berukuran besar atau meja tamu yang terlalu besar untuk sofa ukuran kecil. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Material Meja Countertops Terbaik Menurut Para Ahli

Tinggi meja tamu dan sofa harus sejajar

Aturan yang wajib diingat saat membeli meja tamu adalah tinggi meja tidak boleh terlalu tinggi dari sofa.

Sebab, meja tamu yang terlalu tinggi dari sofa dapat mengganggu pandangan. Begitu pun tinggi meja tamu yang lebih rendah dari dudukan sofa dapat membuat masalah. Untuk itu, pilih tinggi meja tamu sejajar dengan sofa. 

Baca juga: Cara Mengatur dan Merapikan Meja Nakas di Kamar Tidur

 

Pastikan meja tamu aman dan mutifungsi

Desain dan material dari meja tamu harus dipastikan aman. Apabila rumah memiliki anak kecil, jangan memilih meja tamu yang tepiannya runcing dan berbahan kaca.

Begitu juga bila ruang tamu berukuran kecil, pilih meja tamu yang dilengkapi ruang penyimpanan. 

 

Pilih yang kokoh

Bagaimana pun desainnya, pilih meja tamu yang memiliki konstruksi rangka yang kuat dan kokoh. Kamu bisa memilih bahan apa pun untuk permukaan atau bagian atas meja, tapi pastikan rangka kakinya tetap kokoh. 

Baca juga: 5 Inspirasi Meja Makan untuk Ruang Sempit agar Terasa Lebih Luas

Pilih desain meja tamu sesuai interior

Terakhir, tips membeli meja tamu yang perlu diperhatikan adalah memilih desain meja yang sesuai dengan interior rumah. Pastikan desain meja tamu selaras dengan interior ruang tamu. 

Konsistensi dengan tema interior ruang tamu sangat penting sehingga jangan memaksakan desain meja tamu yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.