Kompas.com - 21/09/2021, 07:20 WIB
Ilustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ketapang biola atau ara biola. SHUTTERSTOCK/ARTFULLY PHOTOGRAPHERIlustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ketapang biola atau ara biola.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan bagi kita. Tanaman hias di rumah Anda pun dapat mengalami ketidaknyamanan saat cuaca panas.

"Kita bukan hanya satu-satunya yang menderita selama cuaca panas. Tanaman hias kita juga berjuang untuk berkembang dalam panas yang ekstrim," kata para pakar tanaman di abcFlora, seperti dikutip dari House Beautiful, Selasa (21/9/2021).

Menurut mereka, tanaman tropis dan kaktus secara umum dapat tumbuh dengan baik dalam cuaca panas dan lembap.

 

Baca juga: Jangan Letakkan Tanaman Hias di Dekat Kipas Angin, Mengapa?

Akan tetapi, sebagian besar tanaman dalam ruangan tidak mampu menahan suhu tinggi dan membutuhkan perawatan ekstra agar bertahan dari cuaca panas.

Beberapa jenis tanaman tak sekadar mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu meredakan alergi dengan mengusir alergen yang ada di rumah.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Beberapa jenis tanaman tak sekadar mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu meredakan alergi dengan mengusir alergen yang ada di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa cara merawat tanaman hias di dalam ruangan saat cuaca panas.

1. Hati-hati terhadap sengatan matahari

Tanaman hias bergantung pada sinar matahari untuk membuat makanannya, tetapi mereka juga membutuhkan perlindungan dari sinarnya yang berbahaya.

Faktanya, lapisan luar jaringan daun dapat terbakar dengan terlalu banyak paparan cahaya, menyebabkan daun tanaman menjadi cokelat, putih atau kuning.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Panas? Letakkan 8 Tanaman Hias Ini

"Sinar matahari yang terik menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tanaman, jadi berhati-hatilah untuk membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan di bawah sinar matahari untuk menghindari daunnya terbakar," kata abcFlora.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.