Kompas.com - 20/09/2021, 19:06 WIB
Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. PIXABAY/ALEXEI CHIZHOVIlustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tomat di pot harus dilakukan dengan cermat. Anda bisa berhasil, atau juga bisa gagal.

Terkadang kegagalan dapat terjadi karena alasan di luar kendali Anda, seperti penyakit busuk tomat atau musim kemarau yang sangat basah atau dingin.

Namun demikian, di luar dari alasan tersebut, ada beberapa kesalahan dalam menanam tomat di pot yang kerap terjadi. Dilansir dari The Spruce, Senin (20/9/2021), berikut di antaranya.

Baca juga: Mengapa Ada Retak pada Buah Tomat yang Ditanam? Penyebab dan Solusinya

1. Pot terlalu kecil

Dalam hal pot untuk tomat, lebih besar lebih baik. Semakin besar pot tanaman yang digunakan, semakin banyak tanah yang akan ditampungnya.

Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. UNSPLASH/CESAR FERNANDES Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

Semakin banyak tanah dalam pot, maka semakin banyak air yang ditampungnya. Juga, semakin banyak tanah, semakin banyak nutrisi yang tersedia untuk tanaman tomat Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air dan nutrisi yang konsisten adalah dua elemen paling penting untuk tanaman tomat yang tumbuh dengan baik dan sehat serta panen besar.

2. Terlalu banyak air

Menyiram tanaman tomat dengan benar adalah kunci keberhasilan. Terlalu banyak air akan menyebabkan tanaman tenggelam, sementara terlalu sedikit dapat menyebabkan pembusukan ujung bunga dan buah tomat menjadi hitam di bagian bawahnya.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Tanaman Tomat Terbelah

Penyiraman yang tidak konsisten juga dapat menyebabkan pembusukan ujung bunga, tomat terbelah, dan tanaman stres. Komponen penting untuk keberhasilan tomat adalah menjaga tanah di pot Anda tetap lembap, dalam artian tidak basah, tetapi lembap.

Halaman:
Baca tentang


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.