Kompas.com - 20/09/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda memelihara kucing, harus menyediakan berbagai kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah kebutuhan kotak pasir mereka. Keberadaan kotak pasir menjadi salah satu faktor penting dalam perawatan kucing.

Sebab, tanpa kotak pasir, kucing dapat buang air secara sembarangan. Terlebih, ketika Anda memiliki banyak kucing di rumah, Anda harus menyediakan kotak pasir yang berbeda. Mengapa demikian?

Melansir dari Cuteness, Senin (20/9/2021), kucing memang bisa berbagi kotak pasir. Namun, secara umum, kucing lebih memilih untuk tidak melakukannya.

Baca juga: Tanda dan Gejala Kucing Sedang Sakit

Selain itu, ASPCA menyatakan bahwa kucing dapat menjadi teritorial atas kotak pasir, atau mencegah kucing lain menggunakannya. Kucing yang tidak mau atau tidak bisa menggunakan kotak pasir kucing akan sering menggunakan area lain sebagai kamar mandi mereka.

Untuk menjaga kucing Anda tetap aman dan sehat, dan rumah Anda bersih dan bebas bau, lebih dari satu kotak pasir adalah yang terbaik di rumah dengan banyak kucing.

Berapa banyak kotak pasir yang dibutuhkan?

Jadi, jika kucing tidak boleh berbagi kotak yang sama, berapa banyak kotak yang harus dimiliki sebuah rumah? Jumlah kotak pasir yang Anda perlukan akan bergantung pada jumlah kucing yang Anda miliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebagai aturan umum, disarankan agar sebuah rumah menyediakan satu kotak pasir per rumah, ditambah satu kotak pasir tambahan," kata The Humane Society.

 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membuat Bulu Kucing Sehat dan Bersih

Dengan demikian, jika Anda memiliki tiga ekor kucing, maka Anda harus memiliki total empat kotak pasir. Pun ketahuilah bahwa kucing Anda kemungkinan besar akan memutar kotak mana yang mereka gunakan.

Kotak pasir kucing harus ditempatkan di lokasi yang berbeda di sekitar rumah, yang semuanya mudah dijangkau dan diputar.

Kotak pasir tunggal

Jika Anda tinggal di rumah dengan banyak kucing dan sama sekali tidak dapat menambahkan kotak kotoran ke dalam ruangan.

Pertama, selalu pastikan untuk menjaga kotak pasir sebersih mungkin ini berarti sering menyendoki bekas urin dan kotoran di dalam kotak, dan menyeka wadah secara teratur.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Cuteness
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.