Kompas.com - 19/09/2021, 17:37 WIB
Ilustrasi burung macaw Unsplash/Sid BalachandranIlustrasi burung macaw

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecerdasan hewan telah dipelajari selama bertahun-tahun. Ada banyak hewan cerdas di muka bumi ini, salah satunya burung.

Bahkan kecerdasan hewan yang bisa terbang ini sering berada di urutan teratas daftar hewan terpintar. Tak heran, membuat burung banyak dijadikan hewan peliharaan selain anjing

Baca juga: Daftar Burung Berumur Panjang

Ditambah, perawatan burung terbilang rendah dan mudah. Burung tidak membutuhkan kandang yang besar seperti anjing atau kucing serta pakan atau nutrisi yang besar. Lantas, ras burung apa saja yang cerdas? 

Melansir dari laman The Spruce Pets, Minggu (19/9/2021), berikut ini lima ras burung cerdas yang bisa dipeliharaan.  

Baca juga: Ciri Burung Peliharaanmu sedang Sakit atau Sekarat

Burung beo abu-abu Afrika

Ilustrasi burung beo abu-abu AfrikaUnsplash/Ovidiu Creanga Ilustrasi burung beo abu-abu Afrika
Burung beo abu-abu Afrika adalah spesies burung peliharaan yang paling banyak dipelajari dan telah menunjukkan tingkat kecerdasan sangat tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu burung beo abu-abu Afrika yang paling terkenal bernama Alex, yang meninggal pada 2007 pada usia muda 31 tahun.

Alex dibeli dari toko hewan peliharaan pada usia satu tahun oleh seorang mahasiswa doktoral saat itu, Dr. Pepperberg, yang merawatnya dan mempelajarinya sepanjang hidupnya. 

Baca juga: 5 Tips Memelihara Burung Parkit bagi Pemula

Awalnya, sebagian besar penelitian tentang kecerdasan burung dilakukan menggunakan merpati dan hasilnya mengecewakan.

Sampai akhirnya, ditemukan Alex dan mengubah pemikiran orang tentang apa yang bisa dipelajari burung. Selama bertahun-tahun dan sampai kematiannya, Alex belajar lebih dari 100 kata bahasa Inggris serta dianggap memiliki tingkat kecerdasan anak berusia lima tahun ketika meninggal.

Kemampuan Alex jauh melampaui kebanyakan burung peliharaan lainnya. Karena Alex pula, ras burung beo abu-abu Afrika sekarang memiliki reputasi sebagai burung cerdas dan membutuhkan stimulasi mental yang konstan. 

Baca juga: 5 Jenis Burung Berkepribadian Lembut yang Cocok Dipelihara 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.