Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memaksimalkan Ruang Terbengkalai Menjadi Tempat Serbaguna

Kompas.com - 19/09/2021, 15:42 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pandemi COVID-19 mau tak mau mengubah gaya hidup dan dekorasi rumah yang disesuaikan dengan rutinitas baru.

Misalnya, ruang makan dan ruang tamu menjadi kantor kerja, kamar tidur anak-anak berfungsi sebagai ruang homeschooling, dan kamar tamu yang berubah jadi tempat menyimpan peralatan olahraga.

Ruang serbaguna ini lahir karena kebutuhan. Bahkan diprekdisi pascapandemi banyak pemilik rumah menggunakan "ruang fleksibel" sebagai solusi serbaguna untuk area yang sebelumnya kurang dimanfaatkan.

Baca juga: 7 Tips Pencahayaan Ruang Keluarga yang Menyeluruh dan Sempurna

 

Kamar tidur tamu, misalnya, seringkali dapat ditata ulang untuk penggunaan yang lebih sering dan fleksibel.

Untuk memaksimalkan fungsi ruangan dalam rumahmu, ikuti tips dari Better Homes & Gardens pada Minggu (19/9/2021) berikut ini untuk menciptakan ruang fleksibel yang sesuai dengan gaya hidupmu.

Pikirkan di luar fungsi ruangan yang ditugaskan

Pertimbangkan ruang yang paling jarang digunakan di rumah seperti ruang makan formal, sudut sarapan, ruang duduk, atau lemari ekstra, dan bagaimana mereka dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

Awal pembangun rumah mungkin beuntuk tujuan tertentu, tetapi jangan ragu untuk menyesuaikan kembali jika itu tidak sesuai dengan prioritas sehari-hari.

Baca juga: 5 Desain Ruang Tamu Outdoor yang Cantik dan Multifungsi

Pertimbangkan kebutuhan jangka panjang

Ruang serbaguna di taman karya Camping Strasko www.campingstrasko.com Ruang serbaguna di taman karya Camping Strasko

Saat membuat ruang fleksibel di dalam rumah, pertimbangkan kebutuhan jangka panjangmu. Terlebih jika kamu memiliki anak kecil di rumah, pikirkan tentang jangka panjang penggunaan ruangan tersebut.

Apakah ruangan ini akan digunakan hingga si kecil tumbuh dewasa? Jika akan menjamu banyak keluarga atau tamu pertimbangkan juga cara mengatur ruang tersebut agar bisa ditempati sebagai ruang tamu atau keluarga di kemudian hari.

Pilih furnitur yang ringan dan mudah dipindahkan untuk membantu dan mempermudah pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil

Jadikan tempat penyimpanan barang

Gabungkan ruang-ruang penyimpanan ke dalam satu ruangan untuk meminimalisir kekacauan sekaligus memaksimalkan ruang yang tak terpakai.

"Tambahkan penyimpanan yang dapat ditutup—lemari dengan pintu untuk menyembunyikan barang-barang yang berantakan dan berisi semua barang yang diperlukan untuk aktivitas apa pun yang akan berlangsung di ruangan itu," kata desainer interior yang berbasis di Austin, Killy Scheer.

Pilih furnitur atau wadah yang dapat mengakomodasi kebutuhan penyimpanan dengan gaya dan efisien, baik itu untuk perlengkapan olahraga, perlengkapan kantor, mainan, atau barang lainnya.

Baca juga: 5 Inspirasi Meja Makan untuk Ruang Sempit agar Terasa Lebih Luas

Ruang untuk berbagai kebutuhan

Ruang serbaguna di taman karya Kenjo www.design-milk.com Ruang serbaguna di taman karya Kenjo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com