Kompas.com - 18/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi kucing. SHUTTERSTOCK/5 SECOND STUDIOIlustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang terkenal manja dan sangat menyukai belaian. Ketika mereka dibelai, mereka akan merespon dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari mendengkur, atau mengeluskan kepalanya ke tangan manusia yang membelainya.

Adapun salah satu area tubuh yang disukai kucing saat dibelai adalah area kepalanya. Mengapa demikian?

Melansir dari Cuteness, Sabtu (18/9/2021), ada beberapa alasan mengapa kucing suka dibelai kepalanya, seperti berikut ini.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Berat Badannya Turun Drastis

1. Kucing tidak dapat menggapai area itu

Seekor kucing dapat menjilat dirinya sendiri dan merawat bagian-bagian tertentu dari tubuhnya sendiri. Namun, mereka tidak dapat mencapai kepala mereka sendiri.

Tidak mungkin seekor kucing menjilat kepalanya sendiri, dan sulit bagi mereka untuk menggaruk di area sana. Jadi ketika Anda mengelus kucing, mereka sangat menyukainya.

2. Menenangkan

Ketika kucing Anda masih kecil, induknya biasa menjilat dahinya, yang merupakan tanda perhatian dan kenyamanan. Jika Anda melakukan hal yang sama, Anda membawa kembali kenangan indah dari awal kehidupan kucing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini juga menenangkan karena kucing akan menjilat dirinya sendiri untuk tujuan perawatan, tetapi karena dia tidak dapat menjangkau ke sana, Anda memberinya perawatan yang dia inginkan dan butuhkan.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Melihat ke Jendela

3. Menyebarkan kelenjar aroma

Kucing memiliki kelenjar aroma yang terkonsentrasi. Jika Anda perhatikan, Anda akan melihat mereka menggosok area tertentu ini ke furnitur atau tangan Anda.

Kelenjar aroma mereka berada di kepala, pangkal telinga, dagu, serta pipi. Saat Anda menggosok area tersebut, kucing Anda akan merasa disayangi.

Jika dia menggosokkan kepalanya ke Anda, itu tanda cinta dan keluar dari keinginan untuk menyebarkan aromanya. Pun kucing menyukai dibelai dibagian kepala karena mereka bisa menyebarkan kelenjar aroma yang menandakan Anda adalah miliknya. 

Cara terbaik untuk mengelus kucing

Kapan pun Anda mengelus kucing, entah itu di kepala atau di bagian tubuh lainnya, pastikan Anda melakukannya dengan lembut. Kucing mungkin memiliki kepribadian yang besar, tetapi pada akhirnya, mereka juga makhluk yang sensitif.

Halaman:


Sumber Cuteness
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.