Kompas.com - 17/09/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi ruang keluarga atau rumah kedap suara Unsplash/Collov Home DesignIlustrasi ruang keluarga atau rumah kedap suara

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah seharusnya menjadi sebuah oasis dan tempat untuk berlindung yang memberi ketenangan dan kenyamanan.

Namun, rasanya sulit untuk menemukan hal tersebut pada rumah yang berlokasi di dekat jalan raya atau berada di pemukiman padat penduduk. 

Suara klakson mobil, knalpot kendaraan, suara jalanan, maupun suara tetangga yang berisik tentu menjadi "makanan" sehari-hari yang didengar. 

Baca juga: 7 Tanaman Ini Mampu Usir Laba-laba di Rumah

Dengan membuat rumah kedap suara, dapat membantu mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan masuk ke rumah melalui jendela ataulubang ventilasi. 

Tak hanya itu, rumah kedap suara juga menciptakan lebih banyak kedamaian dan ketenangan.

Untuk membuat rumah kedap suara, terbilang mudah, bahkan ada beberapa ide tidak memerlukan perubahan apa pun pada rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari laman My Domaine, Jumat (17/9/2021), berikut ini tips mudah membuat rumah kedap suara agar lebih tenang dan nyaman.   

Baca juga: Bukan Kloset, Ini Benda Paling Kotor dan Penuh Kuman di Rumah 

Tutup beberapa lubang ventilasi

Setiap rumah tentu memiliki lubang ventilasi. Langkah utama membuat rumah kedap suara adalah menutup lubang ventilasi tersebut. 

Seperti diketahui, suara merambat melalui udara, jadi semakin banyak udara yang masuk, semakin banyak juga suara dari luar.

Anda bisa menutup beberapa lubang untuk meminimalkan suara kebisingan dan agar udara tetap bisa berganti.

Baca juga: Penyebab Semut Terbang Muncul di Rumah dan Cara Membasminya

Halaman:


Sumber My Domaine
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.