Kompas.com - 17/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi bersin. SHUTTERSTOCKIlustrasi bersin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengalami flu, seseorang bisa bersin terus menerus karena suatu hal. Jika Anda mengalami bersin terus setiap hari dengan waktu sama di dalam rumah, mengartikan penyebabnya ada di dalam ruangan itu sendiri.

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (17/9/2021), ada beberapa benda di dalam rumah yang menjadi penyebab Anda bersin terus-menerus, antara lain sebagai berikut. 

1. Lilin wangi

Tentu, semua semua ingin rumah memiliki wangi seperti lilac, pantai, atau aroma lainnya setiap saat. Tetapi sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa wewangian rumah seperti semprotan ruangan, diffusers, atau lilin adalah penyebab umum pernapasan atau alergi.

 

Baca juga: Ini Pilihan Jenis Keset untuk Menyaring Debu dan Kotoran

"Faktanya, setiap parfum yang kuat dapat mengiritasi, yang dapat memicu bersin," jelas Andrew S Kim, direktur medis dari Alllergy & Asthma Center di Fairfax, Virginia, dan rekan dari American Academy of Allergy, Asthma & Immunology.

2. Vacuum cleaner

Mesin vacuum cleaner yang diperlakukan buruk akan menimbun banyak debu dan menyebabkan seseorang bersin terus-menerus. Carolyn Forte, direktur Lab Pembersihan di Good Housekeeping Institute, mendorong seseorang untuk mengingat aturan "enam atau enam."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maksudnya, ganti filter HEPA vakum Anda setiap enam bulan atau setiap penggantian kantong keenam.

Anda juga harus mengosongkan kantong saat itu tiga perempat penuh, karena kantong yang terlalu penuh itu akan menghambat penyedotan, dan semua debu yang Anda coba ambil tidak akan kemana-mana.

Baca juga: Tips Ampuh Mengurangi Tumpukan Debu di Rumah

3. Angin dari luar jendela

Tindakan sederhana menghirup udara dingin bisa membuat Anda bersin. Mengapa?

Refleks bersin Anda dipicu ketika sesuatu mengiritasi saluran hidung Anda atau ketika Anda merangsang saraf yang mengalir melalui hidung Anda (saraf trigeminal, tepatnya). Udara dingin diketahui melakukan keduanya.

4. Vas bunga

Beberapa bunga yang menghasilkan serbuk sari kecil yang terbawa angin yang cenderung menyebabkan alergi.

Oleh sebab itu, hindari bunga beraroma banyak seperti bunga lili freesia dan stargazer, dan pilih bunga yang lebih berbau netral seperti dahlia dan iris.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.