Kompas.com - 17/09/2021, 10:43 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. TIM PUBLIKASI DIREKTORAT RUMAH UMUM DAN KOMERSIALIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan, potensi pembiayaan rumah atau kredit pemilikan rumah (KPR) di wilayah Sumatera Utara masih tinggi. Bahkan, pertumbuhan KPR Subsidi BTN di Pulau Sumatera tercatat yang tertinggi di Indonesia.

“Potensi Sumatera Utara luar biasa besar. Sumatera Utara itu bisa dibilang paling besar di Sumatera walaupun memang Sumatera sendiri sekarang nomor tiga setelah Jabotabek dan Jawa Timur,” jelas Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam siaran pers, Jumat (17/9/2021).

Nixon mengatakan, potensi pembiayaan rumah di Sumatera Utara yang tinggi tersebut juga didorong oleh banyaknya angka pernikahan baru.

Baca juga: Perumahan Ramah Lingkungan Bakal Dapat Pembiayaan dari BTN

Di Indonesia angkanya mencapai 400.000 sampai 1 juta pernikahan baru. Kemudian, angka backlog perumahan juga masih tinggi sekitar 11 juta unit rumah.

“Jadi pekerjaan pembiayaan rumah ini tidak akan pernah berhenti. Makanya potensi pembiayaan rumah di Indonesia masih tinggi termasuk di Sumatera Utara,” tutur Nixon.

Menurut Nixon, untuk memaksimalkan potensi pembiayaan rumah di Sumatera Utara, saat ini BTN mulai bekerja sama dengan beberapa pengembang termasuk Perumnas dalam membangun perumahan baik subsidi maupun komersial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun di Kota Medan, rumah yang banyak dibangun adalah high rise building, lantaran harga lahannya yang sudah mahal.

Baca juga: Pembiayaan Rumah untuk MBR Bakal Digenjot

“Kami juga sedang mencari tempat yang tersambung dengan sarana transportasi. Agar kaum milenial bisa mencicil apartemen dengan harga terjangkau dan pengeluarannya juga lebih irit karena tersambung dengan transportasi,” ujar Nixon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.