Kompas.com - 17/09/2021, 09:00 WIB
Kaleng bekas dapat dihias menjadi cantik dan dimanfaatkan kembali untuk pot tanaman hias. UNSPLASH/JULIETTA WATSONKaleng bekas dapat dihias menjadi cantik dan dimanfaatkan kembali untuk pot tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com- Menambahkan beberapa tanaman hias di dalam rumah akan membuat suasana ruangan menjadi lebih asri dan sejuk.

Selain itu beberapa tanaman hias juga dapat mengikat racun dan membersihkan udara yang ada di dalam ruangan.

Namun jika ditaruh sembarangan, tanaman hias justru akan membuat ruangan menjadi lebih sempit dan tidak menambah kesan estetik yang menarik.

Melansir dari The Joy of Plants, Kamis (16/9/2021), tips menata pot tanaman hias ini bisa kamu aplikasikan pada ruangan di rumah.

Baca juga: Cara Mudah dan Aman Mengganti Pot Tanaman

Kelompokkan jenis tanaman yang paling kamu sukai

Pilih beberapa tanaman yang kamu sukai, kamu bisa memilih sesuai jenis nya atau jenis tanaman yang berbeda dengan kontras warna yang menarik akan terlihat indah jika ditaruh berdampingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa tanaman yang ditaruh secara berkelompok akan terlihat lebih cantik daripada ditaruh menyebar di sekitar ruangan. Kamu bisa memilih tanaman dengan tinggi yang beragam sehingga akan terlihat harmonis.

Selain itu kamu juga bisa memilih jenis pot yang senada seperti terakota dan anyaman bambu. Dengan begini sudut tanaman akan menjadi daya tarik di rumah.

Baca juga: Apa Manfaat Meletakkan Spons di Pot Tanaman Hias?

Letakkan tanaman sesuai fungsi dan manfaatnya

Tanaman yang ditanam di pot yang terlalu besar berpotensi mengalami kebusukan karena air yang ada di dalamnya akan lebih lama mengering dan  menggenang.FREEPIK/SENIVPETRO Tanaman yang ditanam di pot yang terlalu besar berpotensi mengalami kebusukan karena air yang ada di dalamnya akan lebih lama mengering dan menggenang.

Selain menyenangkan dan bernilai estetika, desain yang baik harus memiliki tujuan. Karena itu kamu bisa mendesain dan memilih tanaman di dalam rumah sesuai dengan manfaat tanaman tersebut.

Seperti pada kamar pilih tanaman yang dapat membantumu cepat tidur dan lebih rileks, pada ruang tamu pilih tanaman dengan fungsi menyegarkan udara, dan pada kamar mandi pilih tanaman yang bisa mengikat bau dan udara lembab.

Baca juga: 4 Tanda Pot Tanaman Harus Diganti

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.