Kompas.com - 16/09/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam pot. SHUTTERSTOCK/DARIA MINAEVAIlustrasi tanaman hias di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin melakukan kegiatan berkebun seperti menanam tanaman sayur, buah, maupun tanaman hias, kamu bisa melakukannya di dalam sebuah pot.

Menanam tanaman di pot merupakan alternatif bagi mereka yang tidak memiliki lahan atau tanah untuk menumbuhkan tanaman. Menanam tanaman dalam pot memiliki keunggulan lebih dibanding langsung ke tanah. 

Dikutip dari beberapa sumber, Kamis (16/9/2021), berikut ini keunggulan menanam tanaman di pot. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Memberikan Ketenangan saat Bekerja

Penempatan tanaman bisa diatur

Menanam tanaman di pot dapat diatur dengan baik sesuai dengan lahan pekarangan. Selain itu, tanaman dalam pot juga dapat diletakkan di tempat yang diinginkan.

Dengan demikian suasana yang ada di lingkungan rumah bisa menjadi asri dan lebih indah. 

Baca juga: 5 Tanaman dengan Perawatan Mudah yang Cocok Ditanam oleh Anak-anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman dalam pot dapat dipindah dengan mudah

Karena diletakkan di pot, membuat tanaman dapat dipindahkan dengan mudah ke tempat baru yang diinginkan. Hal satu ini tidak akan bisa dilakukan pada tanaman yang diletakkan langsung ke tanah. 

Menambah keindahan

Menanam tanaman di pot dapat menghasilkan tampilan yang lebih indah dan memikat. Hal ini akan lebih baik jika kamu menggunakan desain pot yang menarik untuk menambah keindahan.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Tanam Air 

Mudah mendapatkan media tanam yang subur

Tanaman dalam pot dapat diisi langsung menggunakan media tanam yang subur. Pada akhirnya pertumbuhan tanaman yang ditanam dalam pot bisa lebih baik dan sehat. 

Lebih rapi

Selain indah, menanam tanaman di pot bisa memberikan tampilan yang lebih rapi karena akar maupun tanah tidak berceceran ke mana-mana.

Baca juga: Apakah Tanaman Harus Disiram Setelah Diberikan Pupuk?

Dapat dikendalikan dari sinar matahari dan hujan

Karena tanaman dalam pot bisa dipindah-pindahkan, hal ini membuatmu bisa mengendalikan kebutuhan sinar matahari dan air pada tanaman.  

Pasalnya, sinar matahari dan air yang berlebih tidak baik bagi tanaman. Hal yang sama juga berlaku saat hujan deras. Tanaman dalam pot bisa dipindahkan ke dalam rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.