Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2021, 16:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui jendela, ruangan bisa mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan setiap hari. Namun, sayangnya tak semua ruangan di dalam rumah memiliki jendela yang memadai. Jika keadaannya seperti ini, ruangan tersebut akan lebih lembap, dan gelap.

Dilansir dari Decor Tips, Senin (13/9/2021), ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pencahayaan tambahan di dalam ruangan tanpa jendela tersebut. Berikut ulasannya.

1. Pilih palet warna terang

Dalam jenis ruang tanpa jendela ini, biasanya palet warna putih menjadi mayoritas pilihannya, tetapi itu tidak harus menjadi satu-satunya pilihan.

 

Baca juga: Cara Tepat dan Aman Membersihkan Kaca Jendela

Tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan ruangan, Anda dapat memilih warna seperti merah muda pucat atau biru muda. Semua yang memberikan kilau dan luminositas.

Aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah furnitur, cobalah untuk menemukan keseimbangan antara warna furnitur, benda-benda dekoratif dan dinding. Warna terbaik untuk dekorasi Anda juga akan berwarna terang.

2. Buat pencahayaan buatan

Tidak memiliki sumber cahaya alami mengharuskan Anda untuk memberikan pencahayaan buatan. Jika berbicara tentang ruangan kecil atau yang tidak memiliki langit-langit tinggi, sebaiknya lupakan penggunaan lampu gantung.

Yang lebih berguna adalah penggunaan lampu tersembunyi atau lampu lantai. Apa pun yang tidak menonjol, seperti lampu dan perlengkapan LED, dapat menjadi pilihan yang baik.

Baca juga: Kusen Jendela dan Pintu Berayap? 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

Bahkan, Anda dapat mencampur beberapa opsi pencahayaan tersebut.

3. Letakkan tanaman dalam ruangan

Cara selanjutnya adalah dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan. Pilih beberapa tanaman yang tahan terhadap kelembapan dan minim sinar matahari. Dengan cara ini, mereka akan berkontribusi dalam hal dekoratif dan menghasilkan lingkungan yang segar dan alami.

Namun, jelas bahwa tanaman tidak menyala. Tetapi ketika Anda menyalakan lampu di ruangan dan melihat nada hijau yang luar biasa di antara dinding putih, perasaan positif dapat dihasilkan.

Tanaman yang tumbuh baik tanpa sinar matahari langsung antara lain paku-pakuan, anthurium, calathea, dan beberapa anggrek.

Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com