Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mendekorasi Rumah dengan Skema Warna Hangat agar Nyaman

Kompas.com - 11/09/2021, 17:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna hangat kini banyak digemari dan digunakan sebagai pelengkap dekorasi rumah. Adapun warna hangat terdiri dari merah, kuning, oranye, dan kuning-hijau, serta berbagai kombinasi lain dari warna-warna tersebut.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (11/9/2021), warna-warna hangat dikenal dapat neningkatkan adrenalin dan laju pernapasan, meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih hangat. Semakin kuat warnanya, semakin intens efek hangat tersebut.

Untuk Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan skema warna hangat, berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: 7 Pilihan Warna Hangat untuk Ruang Tamu

1. Karakteristik warna hangat

Warna-warna hangat sering mengingatkan seseorang pada sinar matahari, pasir, api, dan panas. Karena warna-warna hangat sering menambahkan "kepribadian" ke sebuah ruangan, warna-warna tersebut sempurna untuk menambahkan daya tarik pada ruangan yang polos dan dapat diseimbangkan dengan warna-warna netral.

Warna-warna hangat sering muncul seolah-olah mendekat, atau maju dalam suatu ruang. Warna-warna ini dapat membuat ruangan besar tampak lebih nyaman dan intim.

Warna hangat juga dapat membuat ruangan yang menghadap ke utara atau gelap tampak lebih terang dan lebih hangat.

2. Jangan gunakan warna hangat untuk ruangan dan gaya dekorasi ini

Karena warna-warna hangat cenderung memberi energi, Anda mungkin sebaiknya tidak menggunakan warna yang berani dan hangat sebagai warna dominan Anda di kamar tidur, ruang makan, atau area lain di mana Anda ingin menghindari rangsangan semangat.

Baca juga: 3 Kombinasi Warna Biru untuk Desain Kamar Mandi yang Menenangkan

Warna-warna hangat sering kali cocok dengan gaya dekorasi yang lebih tradisional. Jika ini adalah gaya Anda, coba gunakan warna-warna lembut dan hangat sebagai warna dominan Anda.

3. Seimbangkan dengan warna dingin

Jika skema warna Anda sangat condong ke sejumlah besar warna hangat, coba seimbangkan palet warna dengan satu atau dua warna dingin.

Untuk membuat pilihan terbaik, pilih warna di ujung yang berlawanan dari roda warna. Misalnya, seimbangkan kuning cerah dengan lilac lembut atau ungu tua.

4. Sesuaikan dengan kepribadian Anda

Meskipun kita sering ingin merasa bersemangat dan berenergi di rumah kita, palet warna hangat yang cerah mungkin tidak berfungsi dengan baik jika Anda memiliki kepribadian yang lebih pendiam atau tertutup.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com