Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 24/06/2023, 23:22 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaki seribu adalah merupakan salah satu hewan yang kerap ditemukan di pekarangan rumah. Mereka suka memakan sampah atau sayuran yang membusuk dan tinggal di tempat yang lembab.

Sering disebut kaki seribu, kaki seribu sebenarnya memiliki rata-rata antara 80 dan 400 kaki. Setiap segmen tubuh berisi dua pasang kaki tidak seperti kelabang, yang hanya memiliki satu pasang kaki per segmen tubuh.

Meskipun sering disamakan dengan hama serangga, kaki seribu bukanlah serangga mereka adalah arthropoda yakni invertebrata dengan tubuh tersegmentasi dan pelengkap bersendi.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengusir Kutu pada Anjing

Ilustrasi kaki seribu. PIXABAY/TONGPRADIT CHAROENPHON Ilustrasi kaki seribu.

Hewan ini suka berkeliaran di malam hari seingga terkadang membuat penghuni rumah terkejut dan merasa geli ketika tiba-tiba hewan ini menghampiri.

Nah, ada tips dan cara khusus yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kaki seribu. Melansir dari Hunker, berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Mengusir Lebah Pemotong Daun dari Tanaman Bunga Mawar

1. Asam borat

Salah satu cara membasmi kaki seribu dan mencegahnya masuk ke rumah dengan menaburkan bubuk asam borat di beberapa bagian rumah. Misalnya, di area basement, garasi, pekarangan, dan pintu atau jendela.

Selain itu. kamu juga dapat menggunakan kain lap untuk memasukkan asam borat ke dalam celah atau lubang.

Saat kaki seribu merangkak melintasi asam borat, ini akan membuat tubuhnya dehidrasi sehingga menggangu sistem pencernaannya.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Meski begitu, saat menggunakan asam borat, perhatikan letaknya, jangan sampai terhirup oleh hewan peliharaan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Halaman:
Sumber Hunker


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com