Kompas.com - 06/09/2021, 14:54 WIB
Ilustrasi dapur Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah mungkin bukan pekerjaan yang menyenangkan. Namun, hal ini tetap harus dilakukan, bahkan menjadi tugas teratas dalam daftar pembersihan rumah. 

Pasalnya, kesehatan keluarga bergantung pada pembersihan rumah yang dilakukan. Bukan menakut-nakuti, ada cukup banyak kuman dan bakteri yang berkembang biak di berbagai area di rumah. 

Baca juga: Cepat dan Efisien, Cara Membersihkan Rumah dengan Metode 20/10

Bahkan sebagian kuman dan bakteri ini hidup di tempat yang paling sering digunakan di rumah, yakni dapur

Meski telah mencuci tangan saat memasak, bakteri mungkin masih menyebar ke seluruh dapur dan sekitarnya seperti bakteri Salmonella, Listeria, e-coli.

Semua mikroorganisme ini tidak terlihat, tapi dapat menyebabkan penyakit. Dapur menjadi tempat persembunyian favorit ketiga bakteri ini.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Membuat Kegiatan Membersihkan Rumah Lebih Menyenangkan 

Karena itu, sebagai jantung rumah dan tempat menyediakan aneka masakan, menjaga kebersihan dapur adalah hal penting.

Nah, melansir dari Taste of Home, Senin (6/9/2021), berikut ini area dan benda yang paling dipenuhi kuman dan bakteri di dapur serta dan cara menyingkirkannya.

 

Baca juga: 7 Kesalahan Umum Desain Dapur yang Harus Dihindari 

Wastafel

Wastafel menjadi tempat semua kotoran di dapur berkumpul. Faktanya, ada sekitar 500 ribu bakteri per inci persegi yang menjadikan dapur sebagai rumah mereka. 

Untuk itu, rutin untuk membersihkan wastafel, menyemprotkan disinfektan, bersihkan sisa makanan, dan menggosok wastafel setidaknya seminggu sekali. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Dapur 

Talenan

Baik memotong daging, sayuran, atau buah, talenan bisa menjadi pembawa penyakit melalui makanan. Untuk mencegah kontaminasi silang, gunakan dua talenan. Satu untuk daging dan satu lagi untuk sayuran dan bumbu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.