Kompas.com - 03/09/2021, 23:20 WIB
Ilustrasi sendok kayu berbagai ukuran ShutterstockIlustrasi sendok kayu berbagai ukuran

JAKARTA, KOMPAS.com - Sendok kayu menjadi salah satu peralatan utama untuk memasak maupun makan yang ada hampir di setiap dapur

Penggunaan sendok kayu tentu lebih aman dibanding sendok material lainnya seperti plastik. Sebab, sendok kayu tidak akan merusak permukaan piring, panci, atau wajan serta tidak akan melepaskan bahan kimia berbahaya.  

Baca juga: Pisau, Sendok, dan Garpu Berkarat? Ini Penyebab dan Solusinya

Namun, penggunaan yang sering dapat membuat sendok kayu mengalami keausan dan warna alaminya menghilang sehingga tampilannya tampak kusam serta tak terawat. 

Ketika sendok kayu mengalami penampilan tersebut, Anda mungkin tergoda untuk membuangnya. Namun, jangan buru-buru melakukannya.

Sendok kayu yang pudar atau buruk dapat kembali diperbaiki sehingga tampak baru. 

Melansir dari laman Taste of Home, Jumat (3/9/2021), berikut ini cara membersihkan sendok kayu dan mengembalikan tampilannya seperti baru.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak, Ini Cara Merawat Pisau agar Tetap Tajam

Cuci dengan tangan

Setelah selesai memasak menggunakan sendok kayu, segera cuci sendok dengan air sabun hangat untuk mencegah noda menempel.

Selanjutnya, seka dan bilas sendok sampai bersih, lalu lap sendok hingga kering dengan handuk, dan biarkan mengering dengan sendirinya sebelum menyimpannya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Blok Pisau agar Tidak Jadi Sarang Jamur dan Kuman

Jangan pernah membiarkan sendok kayu berada di dalam air terlalu lama karena kayu akan menyerap air sehingga membuatnya mengembang dan kemudian menyusut saat mengering, yang akhirnya dapat menyebabkan keretakan.

Selain itu, hindari menaruh sendok kayu dalam mesin pencuci piring! Siklus uap dan kering dapat memecahkan kayu. 

Baca juga: Tips Membuat Pisau Tetap Tajam

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.