Kompas.com - 02/09/2021, 23:33 WIB
Ilustrasi ruang mencuci Unsplash/PlanetCareIlustrasi ruang mencuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah investasi jangka panjang. Untuk membelinya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, tetapi harus memiliki cukup ruang di rumah untuk meletakkannya. 

Sayangnya, sama dengan peralatan elektronik lainnya, memilih mesin cuci yang tepat bisa cukup membingungkan lantaran banyak merek mesin dan keunggulan yang ditawarkan. 

Baca juga: Kendala yang Sering Ditemukan Saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Dengan memilih mesin cuci yang tepat, dapat memudahkan tugas mencuci pakaian dan menghemat pengeluaran. Namun, untuk memilih mesin cuci yang tepat, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan.

Melansir dari laman LA Times, Kamis (2/9/2021), berikut ini delapan hal penting yang harus diperhitungkan sebelum membeli mesin cuci.  

Baca juga: 8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar 

Harga

Sebagus apa pun mesin cuci, percuma bila Anda tidak bisa memilikinya. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli mesin cuci, tentukan budget yang dimiliki atau budget maksimal.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa tergoda membeli sesuatu yang agak terlalu mahal dari budget. Selain itu, hal ini memungkinkan Anda untuk mempersempit pilihan, bahkan sebelum membeli mesin cuci.  

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Bergetar dan Cara Mengatasinya 

Ukuran

Mesin cuci memakan cukup banyak ruang. Ini lebih besar dari banyak peralatan rumah tangga lainnya. Dengan mengingat hal itu, temukan lokasi tepat untuk menempatkan mesin cuci.

Sebaiknya, memilih ukuran mesin cuci yang sesuai dengan ruangan yang akan diletakkan agar tidak memakan banyak lahan dan memudahkan pergerakan saat mencuci. 

Baca juga: Selain Pakaian, 7 Benda Ini Dapat Dibersihkan dengan Mesin Cuci

Jenis

Mesin cuci datang dalam berbagai jenis. Ada mesin cuci bukaan atas yang sangat mudah digunakan dan perawatannya lebih rendah.

Ada juga mesin cuci bukaan depan yang lebih efisien, tetapi memerlukan perawatan ekstra. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca juga: Simak, Ini Langkah Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber LA Times
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.