Kompas.com - 02/09/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. Mihat sirip bisa menjadi salah satu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang halfmoon. Mihat sirip bisa menjadi salah satu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang atau betta adalah salah satu ikan hias terpopuler. Ikan ini pun banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan karena perawatannya cukup mudah.

Agar ikan cupang Anda tumbuh dengan baik dan mencapai ukuran tubuh maksimumnya, air, ukuran akuarium, makanan, dan kesehatan ikan cupang secara keseluruhan ikut berperan.

Adapun panjang pertumbuhan rata-rata untuk ikan cupang adalah 2,25 inci. Akan tetapi, memanipulasi lingkungan memungkinkan ikan cupang mencapai ukuran maksimumnya.

Baca juga: Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Ngedok dan Solusinya

Dilansir dari The Nest, Kamis (2/9/2021), berikut cara merawat ikan cupang agar cepat besar.

Ilustrasi ikan cupang berwarna putih. SHUTTERSTOCK/NUAMFOLIO Ilustrasi ikan cupang berwarna putih.

1. Perhatikan ukuran akuarium

Tempatkan ikan cupang dalam akuarium dengan ukuran minimal 18 liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toko hewan peliharaan sering menjual ikan cupang dalam wadah kecil untuk menghemat ruang, karena ikan cupang tidak dapat ditempatkan bersama dalam satu wadah, karena agresi terhadap satu sama lain.

2. Ganti air

Ganti 50 persen air setiap hari jika Anda menginginkan ikan cupang memiliki tubuh yang lebih besar. Ikan cupang mengeluarkan hormon yang menghambat pertumbuhannya.

Baca juga: Bisakah Ikan Cupang Diberi Pakan Ikan Mas Koki? Ini Penjelasannya

Dengan demikian, pembuangan sebagian besar air ini sangat penting untuk pertumbuhan maksimum, menurut laman Betty Splendens. Isi ulang akuarium dengan air bersih.

Halaman:
Baca tentang


Sumber The Nest
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.