Kompas.com - 01/09/2021, 21:30 WIB
Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOSIlustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang populer di antara pecinta tanaman. Selain warna daunnya yang unik, tanaman lidah mertua ini juga memiliki perawatan yang mudah sehingga cocok untuk pemula.

Tanaman lidah mertua dapat tumbuh subur di area dengan pencahayaan terang maupun rendah. Tanaman ini juga menolerir kesalahan dalam hal penyiraman. Jadi, meskipun kamu beberapa kali lupa menyiramnya, tapi ia akan baik-baik saja.

Namun, pastikan untuk menjauhkannya dari hewan peliharaan karena tanaman ini beracun apabila dimakan oleh hewan peliharaanmu.

Baca juga: Mengapa Daun Tanaman Lidah Mertua Terkulai? Ini Penyebab dan Solusinya

Nama ilmiah tanaman ini adalah Dracaena trifasciata, dan dulunya dikenal sebagai Sansevieria trifasciata. Kedua nama tersebut mengacu pada tanaman yang sama, yang juga dapat disebut lidah mertua atau banyak nama umum lainnya, tergantung pada varietasnya.

Melansir dari Bobvila pada Rabu (1/9/2021), berikut ini beberapa jenis tanaman lidah mertua yang dapat dijadikan hiasan di dalam rumahmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyebab Tanaman Lidah Mertua Layu dan Membusuk

Dwarf Snake Plant (D. ballyi)

Varietas tanaman lidah mertua yang satu ini hanya bisa tumbuh setinggi 6-10 inci. Daun silindrisnya dikompresi secara lateral dan tumbuh hingga sekitar 4 inci panjang dan tebal 1/4 inci.

Secara keseluruhan dedaunan menampilkan garis-garis hijau dan putih. Ujung daun berwarna coklat kemerahan dan memiliki duri berlekuk di bagian muka.

Dalam cahaya redup, warna daun cenderung memudar dan dedaunannya agak memanjang. Di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung, tanaman ini terkadang menghasilkan warna daun putih kehijauan pucat atau pink pucat.

Baca juga: 3 Pilihan Media Tanam yang Bagus untuk Lidah Mertua

Cylindrical Snake Plant (D. angolensis)

Tanaman lidah mertua yang satu ini dikenal juga dengan nama African Spear Plant atau Sansevieria cylindrica.

Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 4 kaki. Warna daunnya bermotif garis-garis dengan perpaduan warna hijau tua dan hijau muda.

Masing-masing daunnya berbentuk silindris dengan ukuran sekitar 1 inci. Daunnya memiliki saluran dangkal yang membentang dari pangkal ke ujung.

Baca juga: 3 Pilihan Media Tanam yang Bagus untuk Lidah Mertua

Blue Sansevieria (D. hanningtonii)

Sansevieria cylindrica, salah satu jenis tanaman lidah mertua.SHUTTERSTOCK/IGOR STRAMYK Sansevieria cylindrica, salah satu jenis tanaman lidah mertua.

Blue Sansevieria memiliki daun berwarna biru kehijauan dan membentuk dua garis yang berlawanan dengan bentuk kipas.

Seiring bertambahnya usia, ia mengembangkan menumbuhkan tunas-tunas baru setinggi 8 inci.

Bunga Blue Sansevieria berwarna putih keabu-abuan atau abu-abu-hijau hingga keunguan. Bunga tersebut akan bermekaran di malam hari dan memiliki aroma yang lembut.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Jadi Pupuk Tanaman Lidah Mertua

Halaman:


Sumber bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.