Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menciptakan Ruang Rias yang Cantik dan Sempurna

Kompas.com - 30/08/2021, 21:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang rias menjadi salah satu area yang menyenangkan di kamar mandi. Biasanya ruang rias berada di sudut dalam kamar mandi atau di luar sebelum masuk ke kamar mandi. 

Meski berukuran kecil, kamar rias bisa memiliki dampak kreatif yang besar. Terkadang, ruangan ini juga disebut kamar mandi setengah. 

Baca juga: Tips Memilih Meja Rias yang Ideal

Sesuai dengan namanya, ruang kecil yang berasal dari abad ke-18 ini digunakan untuk merias diri seperti mengaplikasikan makeup dan menata rambut. 

Namun, kini ruang rias juga digunakan untuk mencuci wajah dan tangan atau sekadar bercermin. 

Lantaran cukup sering digunakan, terlebih oleh para tamu, penting untuk mendekorasi ruang rias agar tampak cantik dan menarik. 

Dilansir dari laman Homes to Love, Senin (30/8/2021), berikut ini lima cara menciptakan ruang rias yang cantik dan sempurna.  

Baca juga: Ini Cara Meletakkan Meja Rias di Kamar Tidur agar Tampak Cantik

Tata ruang rias

Setiap ruang rias di kamar mandi membutuhkan wastafel, meja, dan cermin. Wastafel dan meja rias harus menjadi pusatnya.

Untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, pilih meja rias yang terpasang di dinding dengan wastafel di bawahnya untuk tampilan yang ramping.

Wastafel tanpa kabinet di bawahnya juga akan menciptakan kesan lapang. Cermin harus tepat di atas meja rias dan cukup besar untuk melihat seluruh wajah. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding yang Membuat Kamar Mandi Sempit Tampak Luas 

Masukkan elemen dekorasi

Warna dan pola skala besar yang mungkin berlebihan di kamar mandi atau kamar tidur besar dapat bekerja dengan cemerlang di ruang rias. Wallpaper, warna cat gelap, atau ubin tebal akan benar-benar memberi dampak.

Ingatlah untuk menyeimbangkan ruangan. Jika memiliki wallpaper yang detail, pilih lantai yang lebih polos, dan sebaliknya.

Lantaran berukuran kecill, bahan kelas atas yang mungkin terlalu mahal untuk ruangan yang lebih besar dapat menjadi pilihan. 

Baca juga: 6 Tren Kamar Mandi yang Sebaiknya Ditinggalkan, Apa Saja?

Beri pencahayaan hangat

Pencahayaan yang cerah membuat orang merasa baik ketika melihat ke cermin. Namun, hindari memilih warna fluoresen atau LED putih/biru. Sebaiknya, piilih lampu hangat dengan suhu warna 2700 Kelvin.

Meski perlengkapan lampu di atas kepala dapat memberikan penerangan umum yang baik, tetapi dapat menimbulkan bayangan pada wajah orang ketika melihat ke cermin.

Untuk itu, hindari pencahayaan ini dengan memasang lampu langsung di atas atau di kedua sisi cermin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com