Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Menyiram Tanaman dari Bawah Lebih Efektif?

Kompas.com - 27/08/2021, 13:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyiraman adalah tugas utama yang dilakukan saat merawat tanaman. Biasanya, untuk menyiram tanaman di dalam pot, pemilik tanaman akan menuangkan air ke permukaan tanah pot.

Akan tetapi, dilansir dari Gardening Know How, Jumat (27/8/2021), meskipun ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan kelembapan pada tanaman, ini bukan metode terbaik untuk banyak varietas.

Beberapa tanaman, seperti violet Afrika, berubah warna dan ditutupi bintik-bintik jika Anda menjatuhkan air ke daun saat penyiraman.

Baca juga: 5 Cara Menyiram Tanaman yang Diletakkan di Rak Tinggi

Jika tanaman Anda menjadi terikat pada akar, kelembapan mungkin tidak meresap ke dalam tanah dan mungkin mengalir ke sisi pot.

Ilustrasi menyiram tanaman. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman.

Selain itu, menyiram tanaman pot dari bawah dapat menghilangkan masalah ini dan menambahkan kelembapan ke tanah dengan cara yang lebih efisien.

Anda akan menghemat waktu dan tenaga serta memberi tanaman lingkungan yang lebih sehat setelah Anda mempelajari cara menyirami tanaman dari bawah.

1. Penyiraman tanaman pot dari bawah

Apa itu penyiraman bawah? Ini adalah cara menyiram tanaman dari bawah ke atas.

Baca juga: Cara Tepat Menyiram Bunga Mawar agar Tumbuh Subur

Saat Anda menyirami tanaman pot dari bawah ke atas, akarnya menjadi lebih kuat karena selalu tumbuh langsung ke bawah menuju kelembapan.

Plus, Anda akan selalu tahu bahwa kelembapan di tanah pot mencapai sampai ke bagian bawah akar tanaman. Ketika Anda melakukannya dengan benar, metode ini cocok untuk tanaman pot apa pun, baik di dalam maupun di luar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com