Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2021, 21:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi peralatan elektronik penting dan diandalkan di rumah. Kulkas berfungsi menyimpan dan membekukan bahan makanan seperti sayuran, daging, dan buah-buahan agar tetap segar selama beberapa hari sebelum diolah.

Tak heran, ketika kulkas mengalami kerusakan, membuat penghuni rumah pusing dan kewalahan lantaran bahan-bahan makanan yang disimpan di dalamnya bisa membusuk serta membuat kegiatan memasak menjadi berantakan.  

Baca juga: Tips Menjaga Makanan di Kulkas Tidak Rusak Saat Mati Listrik

Salah satu permasalahan yang kerap dialami kulkas adalah keausan. Keausan adalah hilangnya sejumlah lapisan permukaan material karena adanya gesekan antara permukaan padatan dengan benda lain.

Penggunaan ekstra dapat menambah keausan pada kulkas, membuat kerusakan kulkas, serta meningkatkan kemungkinan perbaikan yang mahal. 

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara mengurangi keausan pada kulkas dan memperpanjang usia kulkas dilansir dari American Home Shield, Rabu (25/8/2021). 

Baca juga: Simak, Begini Cara Menjaga Suhu Kulkas Tetap Dingin 

Tutup pintu kulkas

Meski akhir-akhir ini Anda lebih banyak di rumah, sebaiknya penting untuk menahan diri untuk mengecek atau membuka kulkas sesering mungkin.

Saat membuka pintu kulkas beberapa kali atau membiarkannya terbuka saat mencari makanan ringan, Anda telah membiarkan udara dingin keluar.

Hal ini dapat menaikkan suhu yang menyebabkan kompresor bekerja lebih banyak, membebani kompresor, daan menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan lemari es kembali. 

Baca juga: Berapa Suhu Kulkas yang Tepat? Ini Penjelasannya 

Atur pada suhu yang tepat

Menurut Food and Drug Administration, suhu kulkas harus diatur atau berada di bawah 4,4  derajat Celsius dan freezer pada -17 derajat Celsius untuk menjaga keamanan makanan.

Menyetel suhu terlalu rendah dapat memberi tekanan pada kompresor kulkas. Semakin rendah suhunya, semakin sering kompresor bekerja untuk mendinginkan kulkas dan semakin banyak listrik yang akan digunakan.

Umumnya, suhu kulkas yang berada pada 2,7 derajat Celsius dapat menjaga makanan sambil menghindari keausan tambahan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bagian Luar Kulkas 

Bersihkan kumparan kondensor

Kumparan kondensor adalah komponen penting lainnya dari kulkas. Terletak di bagian belakang atau bawah bagian depan kulkas, kumparan ini membantu melepaskan panas dan memicu kompresor untuk bekerja sehingga dapat mendinginkan lemari es.

Kumparan ini sangat penting untuk pengoperasian kulkas dan menjaganya tetap bersih adalah salah satu tugas perawatan terpenting yang dapat dilakukan.

Sayangnya, karena lokasinya, gulungan ini dapat menjebak debu dan kotoran seperti bulu hewan peliharaan. Untuk menjaga koil kondensor tetap bersih, lakukan penyikatan cepat atau penyedot debu setahun sekali. 

Baca juga: 10 Bahan Makanan yang Dapat Tahan Lama di Kulkas dan Ruangan 

Jaga kebersihan bagian atas

Tergantung pada jumlah penyimpanan yang dimiliki di dapur. Mungkin Anda tergoda untuk menempatkan makanan tambahan, minuman, bahkan peralatan kecil di atas kulkas. 

Halaman:
Sumber Ahs
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com