Kompas.com - 22/08/2021, 16:23 WIB
Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVAIlustrasi kulkas, lemari es.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas berfungsi menyimpan dan membekukan aneka makanan agar tetap segar serta tahan lama. 

Selain itu, menjaga suhu kulkas tetap dingin dan berada pada kisaran ideal dapat membantu melindungi makanan dari bakteri dan kerusakan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bagian Luar Kulkas

Melansir dari Real Simple, Minggu (22/8/2021), suhu kulkas yang tepat dapat menjaga makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Seperti diketahui, bakteri adalah musuh bebuyutan dalam dunia penyimpanan dingin. Untuk itu, penting menjaga kebersihan kulkas agar makanan di dalamnya tetap sehat dan aman. 

Baca juga: 10 Bahan Makanan yang Dapat Tahan Lama di Kulkas dan Ruangan

Ketika suhu makanan mulai naik di atas titik tertentu sekitar empat derajat Celsius, bakteri mulai berlipat ganda secara eksponensial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjaga kualitas makanan dan mengurangi risiko keracunan makanan, penting untuk menjaga kulkas tetap dingin. Lantas, berapa suhu kulkas yang tepat? 

Baca juga: Tips Merawat Kulkas agar Bekerja Lebih Efesien dan Tahan Lama

Berapa suhu kulkas seharusnya?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan suhu kulkas yang direkomendasikan adalah di bawah empat derajat Celsius dan suhu freezer di bawah 17 derajat Celsius.

Namun, suhu kulkas yang ideal sebenarnya lebih rendah sehingga usahakan untuk tetap berada pada suhu 1,7- 3,3 derajat Celsius. 

Sementara itu, suhu di atas satu hingga tiga derajat Celsius mungkin terlalu tinggi sehingga dapat membuat makanan cepat rusak dan Anda mengalami beberapa permasalahan perut akibat bakteri seperti Salmonella dan e-coli. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Aman Memindahkan Kulkas Saat Pindah Rumah 

Bagaimana cara mengukur suhu kulkas? 

Untuk mengukur suhu kulkas, dapat menggunakan termometer. Letakkan termometer di kulkas dan biarkan selama 20 menit.

Setelah itu, cek apakah sudah mencapai suhu kulkas yang ideal atau yang direkomendasikan? Jika tidak, buka panel kontrol suhu kulkas. 

Selanjutnya, sesuaikan suhu kulkas antara 1,6 derajat Celsius dan 3,3 derajat Celsius. Anda dapat melakukan hal yang sama pada pada freezer. Atur suhu di bawah 17 derajat Celsius.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.