Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2021, 10:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Seekor anjing mengendus pantat satu sama lain untuk alasan yang baik, yakni untuk mengumpulkan informasi tentang anjing lain di depan mereka.

Tidak seperti manusia, yang dapat menggunakan bahasa untuk mengajukan pertanyaan, anjing mengandalkan indera penciumannya yang tajam untuk merasakan dunia di sekitar mereka.

Dilansir dari Cuteness, Selasa (17/8/2021), pemilik kucing mungkin telah memperhatikan perilaku serupa di antara kucing mereka juga, tetapi apakah kucing mengendus pantat kucing lain untuk alasan yang sama seperti yang dilakukan anjing?

Baca juga: Benarkah Madu Bisa Meracuni Kucing?

Ilustrasi kucing mengenakan kalungUnsplash/Lloyd Dirks Ilustrasi kucing mengenakan kalung

Indera penciuman 

Hewan seperti anjing dan kucing mengandalkan indera penciuman mereka untuk memahami lingkungan terdekat mereka dengan mengumpulkan informasi.

Untuk kucing, banyak aroma yang mengandung informasi berharga tentang kucing lain dapat ditemukan langsung di dalam dan pada kucing itu, di area seperti dahi dan anus.

Jika Anda pernah melihat dua kucing mengendus wajah satu sama lain atau menabrak kepala, ini untuk melepaskan feromon yang terkandung di dalam wajah mereka, yang dilepaskan untuk memancarkan anime dan asam yang dibutuhkan untuk berkomunikasi pada tingkat kimia.

Bentuk komunikasi ini tentu saja tidak diucapkan, tetapi berisi banyak informasi tentang kucing lain, seperti jenis suasana hatinya, atau apakah dia sehat atau sakit.

Baca juga: Bisakah Kucing Setia pada Pemiliknya?

Di sisi lain, pantat kucing juga menyediakan sumber daya yang berharga untuk memecahkan kode ciri-ciri tertentu kucing ketika diendus oleh hidung kucing.

 

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com