Kompas.com - 16/08/2021, 20:15 WIB
Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai. SHUTTERSTOCK/WORRAKETIlustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai di rumah banyak dilakukan selain merawat tanaman hias. Ketika tanaman cabai berbuah, maka dapat langsung dipanen dan dimanfaatkan untuk melezatkan beragam hidangan.

Namun demikian, bagaimana jika tanaman cabai yang sudah ditanam ternyata tidak berbuah? Apakah ada yang salah dalam proses penanaman dan perawatannya?

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (16/8/2021), berikut beberapa penyebab tanaman cabai tidak berbuah dan solusinya.

Baca juga: Cara Memindahkan Bibit Cabai ke Polybag agar Tidak Stres dan Layu

1. Faktor cuaca

Salah satu alasan tanaman cabai tidak berbunga atau tidak berbuah adalah karena faktor cuaca. Cabai adalah tanaman yang membutuhkan cuaca panas.

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/KHAN3145 Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

Tanaman cabai akan tumbuh subur pada kisaran suhu 21-29 derajat celcius pada siang hari dan 15 hingga 21 derajat celcius pada malam hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suhu di bawah itu akan menghambat pertumbuhan tanaman, mengakibatkan tanaman cabai tidak berbunga, dan akhirnya juga tidak berbuah.

Cabai juga membutuhkan musim tanam yang panjang dengan setidaknya enam jam sinar matahari penuh.

Baca juga: Catat, Ini Pupuk Perangsang untuk Bunga dan Buah Tanaman Cabai

Selain itu, suhu yang terlampau panas, yakni lebih dari 32 derajat celcius akan menghasilkan tanaman cabai yang mungkin berbunga, tetapi jumlahnya tidak banyak, sehingga tidak dapat memproduksi buah dengan baik.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.