Kompas.com - 16/08/2021, 18:49 WIB
Ilustrasi kucing keracunan Unsplash/Matthew LarkinIlustrasi kucing keracunan

JAKARTA, KOMPAS.com--Kekhawatiran dokter hewan akan kesehatan dan keselamatan kucing membuat mereka tidak menganjurkan pemilik untuk memberi kucingnya madu.

Pasalnya, madu bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut, kemungkinan kenaikan berat badan, dan manfaat yang tidak jelas bagi kesehatan kucing.

Dokter hewan akan melihat anatomi dan riwayat kesehatan kucing saat menentukan apa yang aman untuk dimakan.

Satu hal yang mungkin ditunjukkan oleh dokter hewan adalah bahwa kucing tidak membutuhkan gula apa pun, dan kemungkinan besar tidak bisa merasakannya.

Baca juga: Bisakah Kucing Setia pada Pemiliknya?

Apakah kucing suka madu?

Dilansir dari Better Pet, Senin (16/8/2021), umumnya, kucing tidak suka madu. Kucing adalah karnivora dan sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk mencicipi rasa manis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun kamu mungkin ingin berbagi makanan lezat dengan kucing, mereka tidak akan menikmati pengalaman indera yang sama.

Hewan karnivora, tertarik pada kandungan lemak yang ditawarkan dalam makanan. Jika kamu pernah melihat kucing menjilati piring es krim hingga bersih, itu bukan karena mereka pecandu gula, namun lemak pada ice cream adalah apa yang sebenarnya mereka sukai.

Memberikan madu pada kucing

Jika kamu ingin memberi madu untuk kucing sebagai penguat sistem kekebalan atau antioksidan, pastikan untuk memberi mereka madu mentah yang bersumber secara lokal, dan tidak lebih dari setengah sendok teh per hari.

Sebaiknya bicarakan dengan dokter hewan sebelum memperkenalkan makanan baru apa pun kepada kucing.

Baca juga: 5 Tips Memilih Makanan Kucing yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Kemudian, mulailah dengan sedikit madu. Memberi setengah sendok teh sehari adalah porsi yang tepat untuk memberikan manfaat yang mungkin bisa didapatkan oleh kucing.

Banyak pemilik kucing bertanya-tanya apakah madu adalah obat yang baik untuk masalah seperti alergi musiman atau sakit tenggorokan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.