Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Memadukan Kursi yang Berbeda di Ruang Tamu

Kompas.com - 13/08/2021, 15:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya furnitur yang tinggi membuat beberapa orang kesulitan membeli satu set furnitur yang cocok saat mendekorasi rumah.

Akibatnya, tak jarang, mendekorasi ruangan dengan furnitur berbeda seperti kursi yang berbeda. 

Baca juga: 6 Tanda Sofa Rusak dan Harus Segera Diganti

Sebenarnya, seperti dilansir dari Home Guides Sfgate, Jumat (13/8/2021), Anda masih bisa mendekorasi ruangan dengan tampilan serasi meski tidak memiliki kursi yang sama dalam ruangan.

Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan, Anda dapat memberikan nuansa yang tetap cantik dalam ruangan dengan furnitur yang berbeda seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Cara Menata Furnitur di Ruang Tamu Berbentuk Persegi Panjang 

Area tempat duduk terpisah 

Jika mendekorasi ruang tamu atau ruang keluarga yang besar, cara termudah menangani kursi yang tidak serasi adalah membuat area tempat duduk terpisah untuk masing-masing kursi.

Tentukan sudut ruangan untuk setiap kursi dan buat pengaturan di sekitarnya. Misalnya, memasangkan kursi paling bergaya dengan sofa untuk menciptakan area hiburan formal. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Sofa

Jika memiliki kursi yang lebih kasual, atur di sekeliling televisi dengan bentuk love seat atau sofa untuk menciptakan zona menonton televisi dan bermain video game.

Kursi lainnya dapat digunakan untuk membuat sudut baca atau mengelilingi meja ruang tamu. 

Baca juga: Trik Menata Furnitur di Ruang Tamu agar Tampak Rapi dan Seimbang  

Sekitar sofa 

Di ruang yang lebih kecil, memisahkan kursi yang tidak serasi mungkin bukan pilihan. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat kursi terlihat seperti milik bersama. 

Caranya, mengatur kursi di sekitar furnitur utama seperti sofa untuk menciptakan area tempat duduk besar yang berfungsi baik untuk hiburan formal maupun informal.

Baca juga: Mau Beli Furnitur untuk Rumah Baru? Simak Tips Berikut Ini

Namun, untuk memberikan tatanan tampilan yang kohesif, Anda harus memilih sofa dengan hati-hati. Carilah warna yang sama di antara kursi-kursi yang bisa digunakan untuk sofa.

Apabila kursi tidak memiliki warna yang sama, pasangkan dengan sofa berwarna netral yang dapat cocok dengan semuanya seperti putih, krem, hitam, abu-abu, dan cokelat.  

Baca juga: Mau Beli Furnitur dan Aksesoris Rumah? Bisa Coba Jastip

Pusatkan di fitur umum 

Jika ruang tamu atau ruang keluarga sangat kecil, Anda mungkin tidak dapat memuat empat kursi dan sofa di dalam ruangan. Arahkan kursi yang tidak serasi di sekitar fitur umum untuk membantu menyatukannya.

Televisi (TV) adalah pilihan tepat karena merupakann titik fokus ruangan dan ruang di depannya menjadi tempa ideal untuk area tempat duduk. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu dari Berbagai Noda 

Aksesoris 

Jika sudah meletakkan kursi di sekitar sofa, tetapi penataannya masih terlihat tidak serasi dan terputus-putus, aksesori dapat membantu menyatukan tampilan.

Coba tambahkan bantal yang serasi ke setiap kursi. Bila kursi tidak memiliki warna yang sama dengan bantal yang diunakan, pilihlah warna netral dasar seperti putih, hitam, atau abu-abu.

Karpet area juga dapat membantu memberikan kursi yang tidak serasi tampilannya menjadi lebih kohesif. Cari pola yang menonjolkan warna dari masing-masing kursi dan letakkan di bawahnya untuk menambatkan area tempat duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com