Kompas.com - 13/08/2021, 08:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda berpikir bahwa merawat tanaman anggrek hanya karena bunga yang cantik, Anda harus berkenan dengan jewel orchid atau ludisia alias anggrek permata.

Varietas anggrek yang unik ini tumbuh di tanah dan bukan epifit seperti tanaman anggrek lainnya. Selain itu, anggrek permata juga lebih senang hidup di bawah naungan ketimbang terkena cahaya matahari langsung.

Anggrek permata unik dan menarik karena memiliki penampilan daun beludru dan bermotif, alih-alih bunga yang cantik. Jenis anggrek ini pun cocok untuk Anda yang pemula dalam merawat tanaman hias.

Baca juga: Cara Menyiram Bunga Anggrek agar Tidak Busuk

Ilustrasi tanaman hias Jewel Orchid atau Ludisia.SHUTTERSTOCK/SIRINN3249 Ilustrasi tanaman hias Jewel Orchid atau Ludisia.

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (13/8/2021), berikut penjelasan mengenai anggrek permata dan cara merawatnya.

Apa itu tanaman jewel orchid atau anggrek permata?

Anggrek permata terkenal karena daunnya yang bertekstur merah dan hijau, yang memiliki rasa beludru yang dalam. Seperti anggrek lainnya, tanaman ini juga menghasilkan bunga putih atau kuning pucat.

Anggrek permata berkembang di permukaan hutan hujan, jadi mereka tidak menyukai banyak cahaya matahari langsung. Faktanya, terlalu banyak sinar matahari dapat menghilangkan warna khas daunnya.

Anda dapat menanam anggrek permata di dalam ruangan sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga mudah diperbanyak dengan mematahkan sepotong rimpang dan menanamnya.

Baca juga: Ragam Pilihan Pupuk untuk Tanaman Anggrek

Cara menanam dan merawat anggrek permata

Saat Anda merawat anggrek permata Ludisia, lupakan semua yang telah Anda pelajari tentang menanam anggrek lain. Tanaman ini adalah tanaman terestrial, yang berarti suka berakar di beberapa bentuk tanah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.