Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Meningkatkan Suasana Rumah Lebih Hidup dengan Pencahayaan

Kompas.com - 12/08/2021, 19:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan pencahayaan di rumah lebih dari sekadar menjadi sumber cahaya dan menerangi setiap ruangan.

Setiap jenis pencahayaan memiliki kekuatan untuk menciptakan perasaan dan suasana tertentu di setiap ruangan di rumah. 

Tak hanya itu, pencahayaan juga dapat meningkatkan tampilan dan suasana rumah. Tentu saja, pencahayaan yang terang membuat rumah terlihat lebih “hidup”, ramah, juga nyaman.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Pencahayaan Berdasarkan Fungsi dan Jenis Ruangan

Sebaliknya, pencahayaan minim tidak hanya membuat rumah tampak gelap, tetapi juga menimbulkan kesan kotor, suram, serta menaktukan.

Tak heran, pencahayaan menjadi salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Lantas, bagaimana meningkatkan pencahayaan di rumah?

Melansir dari laman Today’s Homeowner, Kamis (12/8/2021), berikut ini empat cara meningkatkan suasana rumah lebih hidup dengan pencahayaan.  

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan di Ruang Keluarga 

Pencahayaan tersembunyi

Pencahayaan tersembunyi di rumah berupa lampu logam dan dipasang di atas garis plafon. Pemilik rumah cenderung menyukai pencahayaan tersembunyi karena sumber cahayanya tidak terlihat.

Meski jenis pencahayaan ini membutuhkan kabel yang ekstensif, dengan bantuan teknisi listrik yang tepat, pemilik rumah dapat mengubah ruang keluarga mereka dengan lampu ini.

Selain menonjolkan garis plafon, pencahayaan tersembunyi menambah suasana ruangan, membuat ruangan yang hangat terasa lebih hangat, serta penuh kehidupan dan cahaya.

Jenis pencahayaan ini juga cocok untuk desain minimalis dan pemilik rumah yang lebih menyukai gaya modern. 

Baca juga: 5 Tips Mendapat Pencahayaan untuk Ruang Kerja di Rumah

Jendela lebih besar 

Memperbesar jendela rumah membuat seluruh ruang terasa lebih besar. Dengan lebih banyak akses ke cahaya alami, setiap rumah dengan jendela yang lebih besar akan lebih terang selama siang hari.

Paparan sinar matahari ini akan bermanfaat bagi penghuni rumah karena sinar matahari membantu meningkatkan suasana hati, energi, serta suasana rumah secara menyeluruh. Tentu saja, ini bukan pilihan yang layak untuk setiap kamar.

Namun, apabila perlu meningkatkan pencahayaan alami di ruangan yang hanya memiliki jendela kecil, pertimbangkan memasang cermin untuk membantu memantulkan cahaya ke sekeliling. 

Baca juga: 4 Model Lampu yang Bisa Jadi Dekorasi Pencahayaan Ruangan Rumah 

Lampu jalan

Dalam hal pencahayaan lanskap, memasang lampu jalan adalah penting. Dengan lampu jalan, pemilik rumah dapat meningkatkan keamanan rumah pada malam hari dan mencegah tindak kejahatan.

Anda dapat memiliki lampu jalan yang terhubung ke sistem kelistrikan rumah Anda atau  mendapatkan lampu surya yang menyala pada siang hari untuk bersinar sepanjang malam.

Saat memasang lampu ini, tempatkan masing-masing berjarak setidaknya 1,8 hingga 2,4 kaki guna memastikan bahwa jalan setapak bebas dari bahaya tersandung dan sebagian besar ruang tertutup oleh lampu. 

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah 

Lampu gantung

Saat mendesain ulang pencahayaan di area tertentu seperti dapur, ruang makan, atau teras depan, pemilik rumah cenderung tertarik pada tren lampu gantung yang populer.

Dipasang di plafon rumah, perlengkapan pencahayaan ini menggantung dari rantai atau batang seperti liontin kalung. Lampu ini sangat cocok untuk penerangan tugas, penerangan area, atau penerangan umum. 

 

Di sebagian besar kamar dengan lampu gantung, lampu adalah titik fokus. Ingatlah hal ini saat memutuskan gaya lampu apa yang akan dipilih untuk memastikan bahwa lampu gantung  sesuai dengan yang diinginkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com