Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2021, 14:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cat Time

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, bayi kucing yang baru lahir juga masih memerlukan perawatan dari induknya seperti menyusui dan menjaganya dari bahaya.

Namun, terkadang ada beberapa induk kucing yang tega pergi meninggalkan bayinya sendiri. Akibatnya, anak kucing menjadi tidak terawat, kekurangan nutrisi, dan bahkan terlantar. 

Rupanya, dilansir dari Cat Time, Kamis (12/8/2021), ada beberapa alasan induk kucing meninggalkan anaknya. Nah, berikut ini alasanny. 

Baca juga: Kapan Mata Anak Kucing Mulai Terbuka? Ini Hal yang Harus Diperhatikan 

Mencari makanan

Induk kucing terkadang meninggalkan kandangnya untuk melakukan hal-hal pribadi seperti pergi ke kotak pasir atau mencari makanan.

Untuk hal ini, biasanya induk kucing hanya meninggalkan sebentar anak-anaknya di kandang dan kembali lagi. 

Baca juga: 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menggigit pada Anak Kucing

Penyakit 

Terkadang induk kucing akan menolak anak kucing yang sakit agar tidak menularkan penyakitnya kepada anak kucing yang lain.

Karena itu, para ahli merekomendasikan untuk memisahkan anak kucing yang benar-benar ditolak agar induknya tidak menolak anak kucing lainnya. 

Baca juga: Mengapa Mata Kucing Berair? Ini Penjelasannya

Trauma 

Meski kebanyakan induk kucing memiliki naluri kuat untuk merawat anak kucing mereka, beberapa induk tidak tertarik atau tidak tahu harus berbuat apa.

Induk kucing mungkin bingung dan trauma setelah melahirkan dan gagal berbaring untuk menyusui anak kucing mereka atau membuat kandang yang hangat untuk anaknya sehingga akhirnya induk kucing memilih meninggalkan bayinya. 

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Hamil yang Bisa dengan Mudah Diperhatikan 

Mastitis 

Beberapa induk kucing yang menyusui mengalami mastitis, infeksi pada kelenjar susu. Ini dapat terjadi secara spontan atau dari anak kucing yang menggaruk jaringan selama menyusui.

Puting menjadi bengkak, keras, dan panas saat disentuh. Jadi, induk kucing mungkin terlihat seperti menolak bayinya, padahal sebenarnya terlalu menyakitkan untuk membiarkan induk kucing tetap menyusu. 

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Menderita Asma dan Cara Mengobatinya 

Sakit atau mati 

Melahirkan menimbulkan segala macam risiko bagi kucing liar. Sang induk mungkin telah pergi berburu dan sekarang terlalu lemah atau sakit untuk kembali.

Selain itu, alasan induk kucing meninggalkan anaknya mungkin lantaran sudah mati akibat ditabrak kendaraan dan sebagainya. Induk kucing pun tak pernah kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Cat Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com